21 Mei 2024

Silva Konsisten Jaga dan Lestarikan Hutan

0

Kristian Ari

Merauke, PSP – Didirikan 10 tahun yang lalu, Perkumpulan Silva Papua Lestasi tetap konsisten untuk turut serta dalam menjaga dan mempertahankan kelestarian hutan di wilayah selatan Papua.

Direktur Silva Papua Lesatari, Kristian Ari mengatakan bahwa organisasinya sentantiasa mendukung program-program pemerintah serta membantu masyarakat untuk meyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi, khususnya adalah bagaimana mempertahankan hutan.

“Sebagaimana Visi Misi kita adalah menjaga perimbangan antara pemanfaatan hutan dan pelestariannya. Jadi dalam melaksanakan program-program, kita tetap menjunjung tinggi itu, bahwa hutan harus dikelola secara berimbang. Antara pemanfaatan dan juga pelestarian,” ungkapnya kepada wartawan, Jumat (26/7/2020).

Menurut Kristian, pihaknya telah bekerja sama dan membantu komunitas masyarakat hukum adat yang ada di Kombai, Korowai dan Anu, yang tersebar di Kabupaten Boven Digoel, Mappi dan Asmat.

“Kita memberikan penguatan dan mendukung pemerintah dalam hal melakukan pemetaan kampung dan juga lokasi hutan bagi masyarakat adat. Kemudian kami juga membantu melatih masyarakat adat untuk mengembangkan program-program pertanian dan perkebunan. Kami mendorong pengembangan komoditi, seperti pengembangan karet, lada dan tanaman pangan,” sebutnya.

Untuk merealisasikan visi misainya melindungi hutan dengan skema perhutanan sosial, ia bermitra dengan berbagi unsur pemerintah, dari Pemeritah daerah sampai dengan pemerintah pusat. Hal ini ia lakukan agar dalam pengambilan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah, betul-betul dalam rangka mengamankan hutan dan berpihak kepada masyarakat adat.  “Kami juga bermitra dengan berbagai lembaga termasuk pemerintah daerah, pemerintah provinsi, balai besar perhutanan sosial Papua Maluku, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” sebutnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *