13 April 2024

Peringatan HUT RI Tetap Dilaksanakan Sesuai Protokol Kesehatan

0

Manokwari, TP – Upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2020 nanti tetap di laksanakan upacara bendera di tempat terbuka meski di tengah Pandemi Covid 19, namun berlangsung secara sederahana.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Papua Barat, Baesara Wael mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait masih melakukan pengkajian pelaksanaan upacara hari kemerdekaan tahun ini.

Meski pelaksanaan upacara tetap dilaksanakan di tempat terbuka namun ada pembatasan, seperti pasukan 17 dan sebagainya kemungkinan akan berkurang menjadi 8 orang.

“Kemarin sudah rapat perdana dengan OPD terkait antara lain Kesbangpol, Dinas Pemuda dan Olahraga serta Biro Administrasi Pimpinan. Secara teknis Dinas Pemuda Olahraga yang melaksanakan, intinya kita masih menkaji dari pusat seperti apa pelaksanaannya,” ucap Baesara kepada para wartawan di salah satu hotel di Manokwari, Selasa (14/7).

Untuk tempat pelaksanaannya, pihaknya menyampaikan masih akan dikoordinasikan dengan berbagai pihak dan saat ini sedang merancang SK panitia yang bearada dibidang hukum.

Setelah itu, menjelang pelaksanaan upacara, panitia akan berkoordinasi dengan tim Satgas Covid 19 Papua Barat untuk memastikan kondisi dilapanagn, apakah pelaksanaan upacara tetap dengan pasukan barisan atau hanya upacara kenaikan bendera.

“Yang jelas tetap mengacu pada protokol kesehatan. Nanti petunjuk dari Satgas, tapi yang intinya bahwa pelaksanaan upacara dilaksanakan tapi metode dan mekanismenya masih dikoordinasikan,” terangnya.

Lanjutnya, untuk instansi vertikal kemungkinan diupacara akan dilaksanakan di kantor masing-masing, begitupula dengan sekolah-sekolah.

“Kita lihat sambil berjalan dan situasi kondisi pandemi ini melihat tidak dipaksakan jangan sampai ada cluster baru itu yang kita khawatirkan. Tempat yang terbuka tempatnya ini kita belum tahu apakah di lapangan Borasi apalagi kondisi seperti itu mungkin di kantor gubernur ini kita belum putuskan, mungkin di rapat berikutnya,” pungkasnya. [AND-R4]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *