14 Juni 2024

WBP Ditangkap Usai Bawa Sabu, Ka. Lapas : Bukan kelalaian pihak lapas

0

Soni Sopyan, Bc.IP, S.Sos, M.Si

Merauke, PSP – Selasa 14 Juli 2020 menjadi hari naas bagi seorang Warga Binaan Lapas (WBP) Kelas II B Merauke inisial MHA dan temannya S. Ia kedapatan membawa narkoba jenis sabu oleh Satuan Narkoba Polres Merauke sekira pukul 15.30 WIT hari itu.

MHA merupakan WBP Lapas Merauke yang bebas berkeliaran diluar lapas karena sedang diperkerjakan di area lapas. Namun, MHA menggunakan kesempatan tersebut untuk melanggar hukum.

Kepala Lapas Kelas II B Merauke Sony Sofyan,Bc,IP,S,Sos,M.Si saat dikonfirmasi dikantornya Kamis (17/7) mengatakan, ada beberapa WBP yang diperkerjakan di luar lapas.

“Memang ada beberapa WBP yang bekerja di luar lapas dan semua atas seijin kami dan tetap kami awasi. MHA, paginya saya masih ngobrol dengan dia,” ujar Sony kepada wartawan.

Dikatakan Sony, jenis asimilasi ada dua, baik asimilasi oleh pihak lapas dan napi asimilasi pihak ketiga (Keluarga,red) akibat pandemi Covid-19.

“MHA ini asimilasi lapas yang bekerja di luar sebagai kebersihan lingkungan, dia ijin makan keluar ternyata melakukan itu,” kata Sony.

Sony mengaku kaget mendengar laporan bahwa MHA ditangkap karena sabu.

“Saya kaget, harusnya pukul 16.00 semua WBP yang kerja di luar harus kumpul kembali. Intinya siapapun tidak akan kami lindungi, apalagi menyangkut kasus narkoba,” tegas Sony.

Dikatakan Sony, tertangkapnya WBP diluar lapas, bukan semata – mata kelalaian pihak petugas. “Bukan kelalaian kami, karena kami kan hanya mengawasi bukan mengawal. Sebab, sudah ada jaminan dari pihak keluarga. WBP yang kami pekerjakan di luar pun karena sudah menjalani setengah masa tahanan. Jadi kami tetap mendukung dia ditangkap. Siapa pun yang terlibat baik itu petugas tetap saya akan masuk kan ke sel,” tegas Sony. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *