21 Mei 2024

HIPAR Bersama Dinas Peternakan Mulai lakukan Vaksinasi Flu Burung Pada Ayam Ternak

0

Merauke, PSP – Himpunan Peternak Ayam Ras (Hipar) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, telah melakukan vaksinasi terhadap ayam ras yang terjangkit flu burung yang masih hidup.

Ketua Hipar  Kabupaten Merauke, Thomas Kimko, mengatakan Dinas Peternakan telah menjadwal selama satu pakan, untuk melakukan vaksinasi secara bergantian dimasing-masing kandangnya.

“Kami sudah diberikan jadwal untuk vaksinasi dibeberapa peternak. jadi mulai hari ini (Kamis, 16/7), ada beberapa peternak seperti pak Sugianto. Hari jumat dipeternakan pak Fransiskus, Lukius, Benyamin, dan Lugitor. Hari Sabtu di peternakan saya, Tomas Kimko. Kemudian hari Senin di pak Abdul Rahmat,” ungkapnya kepada Papua Selatan Pos, Kamis (16/7/2020).

Namun demikian, menurut Thomas jumlah vaksin yang didatangkan kurnag mencukupi. Pasalnya, dari data yang ia peroleh, total jumlah ayam yang belum mati sebanyak 60 ribu ekor, sedangkan jumlah vaksin yang ada sebanyak 50 ribu saja. “Kurang lebih beberapa peternak besar itu kita lihat sekitar 60 ribu ekor ayam yang masih tersisa. Maka dari 50 ribu vaksin ternyata masih kekurangan, sehingga mereka akan upayakan untuk mengirim kurang lebih sekitar 50 ribu lagi untuk mengantisipasi yang kosong dan yang belum terfaksin,” pungkasnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *