13 Juni 2024

Cegah Peredaran Miras dan Narkoba di Lokasi Tambang, Koperasi KSM Gandeng TNI/Polri Perketat Pintu Masuk

0

Pemeriksaan barang bawaan di pelabuhan kampung kawe. Foto: PSP/VER

Tanah Merah, PSP – Peredaran Miras tidak hanya di kota tanah merah saja, namun kini penyeludupan miraspun sudah sampai lokasi tambang Rakyat Kawe. Terbukti belum lama ini pihak Koperasi Kawe Senggaup Maining menemukan beberapa paket yang isinya Miras milik salah satu pengusaha di pelabuhan kampung kawe atau yang sering dikenal pisang-pisang.

Setelah menyita miras tersebut oknum tersebut masih saja melakukan penyeludupan barang haram tersebut dengan memanfaatkan masyarakat setempat dengan menitip miras melalui mereka sehingga kerap lolos dari pantawan petugas koperasi tambang.

Sekertaris Koperasi Kawe Senggaup Maining, Mesok Dombon mengatakan dari dampak miras yang diseludupkan ke kawe, belum lama ini terjadi insiden pembakaran salah satu rumah pengusaha oleh masyarakat setempat yang dipengaruhi minuman keras.

Dikatakan Mesdak dari insiden tersebut pihak koperasi suah mengantongi nama-nama pengusaha yang diduga sebagai penyeludupan barang haram tersebut ke lokasi tambang kawe. Ia berjanji akan berupaya dengan masyarakat setempat untuk mengusir keluar oknum penjual miras tersebut dari lokasi tambang kampung kawe.

“Kita juga sudah lakukan sweping miras, karena pernah kejadian tuan dusun bakar satu rumah pengusaha itu karena pengaruh miras. Kita juga sudah kantongi nama-nama yang sering bawa miras ke lokasi tambang. Sweping ini kita gandeng aparat Kampung setempat dan tuan dusun, kita sudah kasih peringatan kalau kedapatan lagi ya kita usir keluar. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi jangan sampai terjadi Kekacauan, pembunuhan akibat pengaru miras,” kata Mesdak kepada Papua Selatan Pos, Kamis 16/7/2020.

Mencegah dari pengaruh miras agar tidak terjadi insiden pambakaran dan kasus lainnya, pihak koperasi akan lebih insentif memperketat pengawasan di pelabuhan pisang-pisang. Selain itu pihak koperasi juga akan melakukan koordinasi dengan pihak keamanan dalam hal ini polsek Mandobo dan Kouh untuk memperketat pengawasan di pintu masuk pelabuhan tanah merah dan Kouh. Jika Longbot yang hendak membawa logistic menju kawe harus diperiksa barang bawaanya. “Kita akan bekerja sama dengan pihak keamanan untuk membantu kami mengawasi pintu masuk, kita akan bangun komunikasi dengan Provinsi. Kalau di Tanah Merah Polres dan Kodim terutama pintu masuk pelabuhan yaitu Polsek Mandobo dengan Kowh untuk membantu kami dalam mengawasi, itupun bukan hanya minuman keras tetapi Narkoba juga,” pungkas. [VER-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *