14 Juni 2024

Bulan Juli, Garuda Terbang Dua kali Seminggu

0

Merauke, PSP – Setelah sebelumnya memperoleh izin untuk terbang tiga kali dalam seminggu. Mulai pekan ini sampai dengan akhir Juli, Garuda Indonesia akan terbang dua kali dalam seminggu. Peraturan ini sesuai kebijakan Pemprov Papua kepada maskapai Garuda Indonesia di wilayah Papua.

Sales dan Service Manager Garuda Indonesia Jayapura, Radhitya Prastanika mengatakan bahwa pihaknya hanya mengikuti apa yang menjadi kebijakan dan keputusan pemerintah provinsi Papua dalam rangka menekan penyebaran virus covid-19 melalui angkutan udara.

“Kalau Merauke, minggu kemarin tiga kali. Namun mulai minggu ini kita dua kali dalam seminggu. Karena kita dari pemerintah provinsi yang menetapkan, yaitu hari Senin dan Sabtu. Karena kita rutenya kan Jayapura- Merauke dan Merauke-Jayapura. Jadi melawati Jayapura semua,” kata Radit kepada Papua Selatan Pos, melui sambungan telepon, Minggu (12/7/2020).  

Menurut Radit, jadwal penerbangan maskapai Garuda Indonesia, dari dan ke Merauke hanya sampai Juli saja. Pasalnya, belum ada kordinasi dan perintah dari Perprov Papua mengenai izin penerbangan pada Agustus mendatang. “ Untuk bulan juli ini saja. Bulan agustus, semua untuk rute Papua belum ada jadwal,” ungkapnya. 

Ia juga menyebutkan, sesuai ketentuan yang diberlakukan Pemprov Papua, bahwa maksimal pesawat hanya boleh membawa 70 persen dari kapasitas persawat. “ Sesuai aturan 70 persen, tidak lebih dari itu. Jadi hanya 6 bisnis dan 100 ekonomi,” ujarnya.

Dengan semakin dibatasinya jumlah penerbangan, imbuh Radit, jumlah calon penumpang yang membeli mengalami penumpukan. Menurutnya, maskapai memprioritaskan penumpang yang telah mengantongi tiket untuk lebih dahulu terbang.

“Permintaan cukup banyak dan yang megang tiket juga masih banyak, jadi memang istilahnya kita optimalkan dulu untuk yang sudah pegang tikat agar bisa berangkat. Kita upayakan untuk tetap optimal dan kalau ada kursi (seet) kosong baru kita berikan untuk yang membeli tiket,” tandasanya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *