14 Juni 2024

Peran Para Tokoh dan Masyarakat Dibutuhkan dalam Menjaga Kamtibmas

0

Kapolsek Onggaya disambut warga Kondo secara adat, Selasa(23/6).Foto: PSP/FHS

Merauke, PSP – Keterlibatan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda,  aparat kampung hingga masyarakat diajak untuk berperan dalam menjaga kamtibmas tetap aman dan kondusif. Ajakan itu disampaikan Kapolsek Onggaya, Ipda Elvis Palpialy saat melakukan kunjungan ke Kampung Kondo, Distrik Naukenjerai, bersama unsur Trpika, Selasa (23/6).

Jika kamtibmas aman, kata Kapolsek, maka semua kegiatan masyarakat maupun pelaksanaan program dari pemerintah akan bisa berjalan dengan baik. Maka, pembangunan pun tidak terhambat lagi. Begitu pula sebaliknya, jika kamtibmas terganggu, aktifitas pemerintah dan masyarakat, akan berdampak.

Hal lain, yang jadi penekanan Kapolsek, bila terjadi permalasahan sebaiknya diselesaikan dengan jalan musyawarah, agar tidak menimbulkan persoalan baru.  Kemudian, tidak mengkonsumi minuman keras (miras), karena dampaknya buruknya lebih besar, daripada dampak positifnya.

“Miras ini membuat orang tidak sadarkan diri dan bisa menimbulkan perilaku tindak pidana,” katanya. Sebagai daerah perbatasan dengan Negara tetangga, yakni PNG, warga dipesan untuk tidak gampang terprovokasi atau ajakan oleh kelompok yang ingin memecah belah persatuan bangsa. “Jangan mudah percaya. Bila ada ditemukan demikian, segera lapor kepada aparat keamanan,”  pintanya.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *