24 Juni 2024

Wacana Masa Pendidikan SMK Menjadi 4 Tahun, SMKN 3 Merauke Siap Mengikuti

0

Merauke, PSP – Kementerian Pendidikan  dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana melakukan inovasi pendidikan kejuruan dengan mengubah waktu pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sebelumnya tiga tahun menjadi empat tahun.

Wakasek Kurikulum SMK negeri 3 Merauke, Budi Sutomo mengatakan saat ini masih wacana, namun kalaupun Peraturan Menteri sudah ada, SMK negeri 3 Merauke siap mengikutinya.

“Sekarang ini  masih wacana, nanti kalau memang Peraturan Menteri-nya mengharuskan empat tahun, kita harus ikuti, “Ujar Budi saat ditemui disela kesibukannya, Rabu, (17/6).

Ia melanjutkan, dalam rencana dari Kemendikbud didalamnya siswa SMK di tahun ke-empat harus mengikuti praktek kerja di industri sebelum sebagai salah satu syarat untuk lulus.

“Nantinya kan di tahun ke-empatnya itu siswa diharuskan praktek langsung ke dunia industri, nah kalau untuk SMK negeri 3 Merauke siap saja jika nantinya wacana tersebut ditetapkan, karena kami juga telah bekerja sama dengan industri untuk menjadi tempat praktek siswa nantinya, ” tambahnya.

Nantinya jika wacana ini terealisasi, pihak sekolah turut mendukung, karena itu membantu siswa dalam membangun kemampuan teknis dan kemampuan nonteknis siswa. “Kalau nanti jadi diterapkan, kami sangat senang karena itu akan membantu siswa untuk mendalami kemampuannya, sehingga nantinya jika siswa tersebut lulus, dapat diserap oleh dunia industri tersebut, ” pungkasnya. [CR22-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *