27 Juli 2024

Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus, Umat Katolik Diajak Untuk Belajar Memberi

0

Gereja katedral merauke

Merauke, PSP – Hari Minggu, 14 Juni 2020, Gereja Katolik merayakan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus. Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus adalah sebuah perayaan yang terutama dilakukan oleh umat Katolik. Tujuannya adalah untuk menghormati Ekaristi sebagai persembahan Tubuh dan Darah Kristus untuk keselamatan umat manusia.

Di Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus ini, Umat Katolik diajak untuk belajar memberi kepada orang lain. Seperti Yesus yang telah memberikan tubuh dan darah-Nya demi keselamatan umat manusia, umat Katolik juga juga hendaknya memberikan hidupnya bagi keselamatan orang lain, yaitu dengan bersaksi bahwa Kristus sungguh mengasihi.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Pastor Everardus Resubun, MSC dalam kotbahnya pada Misa Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus di Gereja Katederal Santo Fransiskus Xaverius Merauke yang disiarkan online, Minggu (14/6)

“Kita akan membangun hidup yang penuh ekaristi bahwa dalam perjamuan Ekaristi, kita telah mengenang wafat dan sengsara Kristus dan kini kita akan mempraktekannya, bukan saja dalam kata-kata yang indah, tetapi dalam perbuatan yang nyata dan konkrit bagi orang lain,” kata Pastor Everardus. 

Selain itu, melalui Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus, umat juga diajak untuk semakin belajar menghayati Ekaristi. Perayaan Ekaristi adalah perayaan perjumpaan kita dengan Tuhan yang telah memberikan diri dan hidupnya untuk kepada manusia.

 “Bagi umat yang mengikuti Perayaan Ekaristi secara online, perlu juga mempersiapkan diri dengan baik, bukan mengambil foto atau mensreenshoot gambar yang sedang ditampilkan, tetapi dengan penuh kesetiaan, iman dan penghayatan, mengikuti perayaan ekaristi agar Kristus sungguh-sungguh hidup di dalam hidup kita,” kata Pastor Everardus.

Dengan situasi dunia saat ini yang sedang dilanda oleh wabah Covid-19 membuat umat umat bisa datang ke gereja seperti biasa, tetapi hendaknya hal itu tidak menjadi penghalang bagi kita untuk terus menghayati Ekaristi.

“Maka marilah kita berdoa semoga kita semua baik yang mengikuti misa di gereja atau secara online turut mengambil bagian dari perjamuan Kristus. Sebab sungguh Ia telah memberikan diri-Nya demi keselamatan kita semua. Dengan iman kita berharap situasi dunia saat ini cepat berlalu. Tuhan memberkati kita sekalian. Amin,” ucap Pastor Everardus. [JAK-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *