14 Juni 2024

Hasil Padi Berkualitas Harus Didukung Infrastruktur yang Baik

0

Syaiful Anam

Merauke, PSP – Kualitas padi hasil panen petani setiap tahunnya selalu tidak maksimal dan berujung mendapat penolakan oleh Bulog. Peroalan ini disebabkan oleh kurangnya infrastruktur yang mendukung petani dan lemahnya peran pemerintah dalam membantu petani.

Salah seorang petani asal Kurik, Saiful Anam menuturkan jika selama ini petani tidak didukung oleh jalan yang memadai, jumlah mesin panen yang cukup, serta tersedianya mesin pengering padi jika cuaca sedang tidak mendukung. 

“Pasca panen harus ditunjang dengan jalan yang bagus, sehingga begitu panen padi petani bisa langsung keluar dari sawah dan dikeringkan. Begitu padi tua bisa langsung panen tanpa harus mengantri menunggu combine. Begitu cuaca jelak bisa dikeringkan dengan mesin pengering. Kalau kondisi dan fasilitasnya begitu, kami yakin kualiatas beras bisa dijaga dan ngak mungkin meleset,” ungkap Saiful, Selasa (2/6/2020).

Ia menambahkan, selain dari faktor-faktor tersebut, peran pemerintah daerah dalam membantu petani juga sangat lemah. Menurutnya, saat ini bagaimanapun kebijakannya, selalu petani yang dirugikan.

“Yang jelas peran pemerintah yang harusnya menjadi pendukung kita. Ini karena ada sistem yang bermasalah, jadi ekonominya ikut bermasalah. Karena sekarang apapun dan bagaimanapun gerakan diatas, yang dirugikan tetap petani,” ujarnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *