14 Juni 2024

Awal Musim Panen Rendengan, 2000 Ton Beras Masuk ke Gudang Bulog

0
Gudang beras milik Perum Bulog Divre Papua dan Papua Barat di Merauke

Merauke,  PSP – Pada musim penen rendengan tahun ini, beras yang telah diserap oleh Bulog baru 2000 ton.  Selain beras,  Bulog Juga menyerap gabah dan yang saat ini telah masuk 177 ton. 

Kepala Bulog Merauke, Djabiruddin menargetkan pada Juni ini,  seluruh pengusaha gilingan bisa serentak mengiling gabah.  Pasalnya,  kemarin sempat terhenti dengan libur lebaran. Sehingga, gabah petani bisa segera terserap.

“Total beras yang masuk sudah ada 2 ribuan ton,  gabah 177 ton, dan saat ini stok beras sekitar 8 ton. Mudah-mudahan dibulan Juni ini semua mitra serentak untuk giling. karena  ini kan masuk lebaran ketupat, sehingga mungkin gilingan masih ada yg libur. Tapi kami harapkan nanti serentak giling,  jadi gudang kita bisa,” kata Djabiruddin,  Kamis (28/5/202). 

Untuk mengatisipasi tidak terserapnya gabah petani seperti tahun lalu,  imbuh Djabir,  pihaknya telah berupaya memasarkan beras keluar Merauke. Selain itu, menurutnya, Bulog juga telah berupaya meminjam Gudang milik swasta untuk digunakan sebagai penambah penampungan beras.

“Kalau terlambat kita geser, tentunya alternatif bulog adalah meminjam gudang seperti tahun lalu, jadi menambah kekuatan stok kita. Gudang diluar yang biasa kami pinjam ada 12 unit gudang berkapasitas 3 ribuan ton. Kita sudah pernah gunakan,  jadi nantinya kita bisa pake lagi,” paparnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *