21 Juni 2024

2 Terdakwa Pembunuhan Mahasiswa di Yobar Dituntut 15 Tahun Penjara

0

Ilustrasi

Merauke, PSP – 2 pelaku pembunuhan terhadap mahasiswa bernama Rasul Habibi di Jalan di depan Pekuburan Yobar pada 16 Oktober 2019 lalu, yakni YE (19) dan LT (19) dituntut pidana penjara selama 15 tahun. Tuntutan tersebut disampaikan oleh jaksa penuntut umum dalam persidangan di Pengadilan Negeri Merauke, Selasa (12/5).

Keduanya yang dibacakan tuntutan secara terpisah itu, disebutkan terbukti melakukan tindak pidana pencurian dan pembunuhan sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 365 Ayat 4 KUHP.

Adapun beberapa hal yang menjadi pertimbangan jaksa penuntut umum dalam tuntutannya. Hal-hal yang memberatkan; perbuatan para terdakwa mengakibatkan korban meninggal dunia serta meresahkan masyarakat. Sementara hal-hal yang meringankan tidak ada.

Tuntutan tersebut dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum, Pasami Rumpaisum, SH di hadapan Hakim, Rizky Yanuar, SH, MH serta para terdakwa yang mengikuti sidang secara online.

Jaksa menyebutkan kejadian pencurian dan pembunuhan ini bermula saat korban yang menggunakan sepeda motor melintas di depan Pekuburan Yobar dan dihadang oleh YE sambil memegang parang. Karena kaget korban langsung melompat dari motor dan terjatuh. Melihat handphone milik korban yang terjatuh di aspal dan kemudian diambil oleh LT.

Kemudian LT lalu mendekati korban sambil memegang pisau dan langsung menikam korban. Setelah ditikam, korban langsung berlari untuk menyelamatkan diri. Sedangkan YE dan LT juga langsung melarikan diri. Tak lama kemudian, seorang pengendara kemudian melintas dan korban lalu meminta pertolongan. Korban lalu diantarkan ke rumah sakit dan meninggal dunia beberapa saat kemudian.  [JAK-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *