21 Juni 2024

7 Pasien Corona Dirawat RSUD Merauke Saat Ini

0

5 Pasien dari Merauke dan 2 Pasien dari Boven Digoel

Merauke, PSP-Pasien positif terinfeksi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang dirawat di RSUD Merauke saat ini berjumlah tujuh (7) orang. Lima (5) orang pasien berasal dari Kabupaten Merauke dan dua (2) orang pasien berasal dari Kabupaten Boven Digoel.

Data tersebut diperoleh berdasarkan hasil pemaparan Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Merauke, dr. Nevile Muskita dalam Konferensi Pers dengan sejumlah wartawan di Posko Covid-19, Kantor Bupati Merauke, Senin (27/4).

Kepada awak media, dr.Nevile Muskita memaparkan, sebelumnya ada lima (5) pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Merauke.  Dari yang 5 positif, 2 dinyatakan sembuh dan 3 orang pasien masih dirawat. Dua pasien yang sembuh adalah pasien nomor 16 nomor 18.  Sedangkan PDP lainnya, yakni pasien nomor 17, 24 dan 25 masih tetap positif berdasarkan hasil pemeriksaan sampel pasca pengobatan, sehingga masih terus menjalani pengobatan.

“Dari 5 itu, 2 dinyatakan sembuh dan 3 masih belum sembuh dan rencananya kita akan mengambil sampelnya lagi malam ini untuk kita kirimkan besok. Besok rencana ada hercules dan kita kirimkan untuk konfirmasi ketiga dan ke empat lagi,” kata dr. Nevile.

Sementara itu, 4 pasien dalam pengawasan (PDP) yang saat ini dirawat masih menunggu konfirmasi hasil pemeriksaan laboratorium. Empat (4) PDP yang dirawat itu adalah pasien nomor 26, 27, 28 dan 29.

”Untuk pasien 26, 28 dan 29 hasil konfirmasi PCR dinyatakan negatif (sehat), tidak mengidap Covid-19. Ketiganya sementara masih dirawat dan kemungkinan besok sudah bisa dipulangkan. Sedangkan salah satu pasien, yakni PDP nomor 27 berjenis kelamin perempuan usia 25 tahun, hasil konfirmasi PCR dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Pasien nomor 27 ini kontak erat dengan pasien nomor 17,” jelas dr. Nevile.

Selain dari lima (5) PDP yang dikirim sampelnya untuk dikonfirmasi, lanjut Nevile, ada 2 orang tanpa gejalah (OTG) yang kemarin dari yang dikarantina di Hotel Asmat, dinyatakan negatif dan 2 orang dinyatakan positif Covid-19.

“Jadi di Hotel Asmat juga kemarin kita kirim ada 4 orang, 2 dinyatakan negatif, sedangkan 2 dinyatakan positif. Akhirnya sekarang ditetapkan sebagai pasien nomor 30, perempuan umur 43 tahun.”

“Kronologisnya pasien nomor 30 ini, yang bersangkutan turun dengan Hercules beberapa waktu lalu, usai kegiatan di Jakarta. Kemudian ke Manado, karena lockdown yang bersangkutan tidak bisa pulang ke Merauke. Dalam perjalanan ketika yang bersangkutan sudah dari Manado, dia mendapat informasi bahwa temannya yang dia ketemu di Manado itu positif Covid-19. Akhirnya, yang bersangkutan setelah tiba di Merauke langsung ke rumah sakit untuk memeriksakan diri dan dikarantina di Hotel Asmat. Hasil Rapid Tes, dia dinyatakan positif, spesimennya yang kita kirim dinyatakan positif Covid-19,” terang dr. Nevile.

Lebih lanjut dijelaskan, kemudian salah satu OTG lagi yang diperiksa spesiemennya dan sekarang ditetapkan sebagai pasien nomor 31 adalah seorang suami dari pasien positif Covid-19 yang dirujuk dari Boven Digoel beberapa waktu lalu.

“Jadi ceritanya (saya dapat kabar), suaminya ini sebenarnya sementara dicari di sana untuk diperiksa dan dianjurkan untuk ke rumah sakit. Cuma yang bersangkutan tidak sampai ke rumah sakit, tapi cari mobil turun ke Merauke.”

“Kami coba trashing kontak dan informasi yang kami dapat dari Boven Digoel tenyata sopir Hillux yang membawa yang bersangkutan turun ke Merauke. Kemudian menurut informasi, yang bersangkutan sempat menginap 1 malam di sebuah Hotel di Merauke. Setelah itu, besoknya baru melaporkan diri ke rumah sakit, karena riwayat kontak dengan istrinya yang positif, yang berangkutan diteteapkan sebagai OTG dan karantina di Hotel Asmat dan kemarin kami mengambil Swab dan kirimkan, ternyata hasilnya yang bersangkutan positif Covid-19.” “Sehingga yang sekarang dirawat di RSUD Merauke, yaitu tujuh (7) pasien Covid-19. Lima (5) pasein dari Kabupaten Merauke dan dua (2) pasein dari Boven Digoel. “Tapi untuk Kabupaten Merauke tetap 5 orang pasein positif Covid-19, sesuai data yang saya ambil hari ini. Dua (2) orangnya masuk di Boven Digoel,” pungkasnya. [JAK-RH].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *