21 Februari 2024

Pastikan Kesehatan Ibu dan Balita di Yakyu, Kostrad Gandeng Puskesmas

0

Seorang prajurit Kostrad sedang menimbang berat seorang bayi.Foto: PSP/FHS

Merauke, PSP- Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad dengan menggandeng Puskesmas Sota melaksanakan kegiatan Posyandu bulanan dan layanan kesehatan bagi warga perbatasan RI-PNG di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota.

Komandan Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad, Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos, M.Han mengemukakan, kegiatan tersebut guna memastikan tumbuh kembang balita dan pemeriksaan ibu hamil yang berada di tapal batas negara. Pasalnya, saat ini, virus corona, sedang melanda. Maka itu, upaya untuk meningkatkan kesehatan bagi masyarakat perlu dilakukan secara berkala.

Kegiatan Posyandu itu meliputi penimbangan, ukur tinggi badan, pemberian Vitamin A, imunisasi, layanan keluarga berencana (KB), antenatal care bagi ibu hamil, pencegahan diare, dilanjutkan sosialisasi tentang kesehatan dan juga memberikan himbauan tentang menjaga pola hidup bersih dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

“Pesan menjaga pola hidup sehat itu selalu disampaikan. Sebab jika tubuh kita sehat, maka penaykit pun akan menjauh,” ujar perwira jebolan Akmil tahun 2003 itu.

Dansatgas menambahkan, kegiatan tersebut merupakan wujud sinergitas antara Satgas dengan instansi kesehatan warga yang hidup di perbatasan negara.

“Selain menjalankan tugas pokoknya dalam menjaga keamanan diwilayah perbatasan, juga memiliki tanggung jawab moral memastikan generasi penerus bangsa agar tumbuh dan berkembang secara sehat,” tandasnya.

Kepala Puskesmas Sota, Merry S Gebze, menyebut, kehadiaran Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad cukup membantu pihaknya dalam pelayanan kepada masyarakat, khususnya daerah yang susah dijangkau.[FHS-RH]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *