14 Juni 2024

Pimpin Panen Raya, Bupati Perkirakan Hasil Produksi Petani 8-9 Ton Perhektar

0

Bupati Merauke, Frederikus Gebze, SE, M.Si memimpin panen raya di Kampung Muram Sari, Distrik Semangga, Merauke, Kamis (23/4).Foto: PSP/WEND

Merauke,PSP-Bupati Merauke, Frederikus Gebze, SE, M.Si memimpin panen raya di Kampung Muram Sari, Distrik Semangga, Merauke, Kamis (23/4). Dalam kesempatan itu, Bupati Merauke memperkirakan hasil produksi petani mencapai 8 sampai 9 ton perhektar. Hal itu berarti saat ini telah ada sistem tanam, panen dan produksi yang semakin baik.  

“Dari hasil panenan ini diketahui kurang lebih 9,8 ton. Ada juga yang rata-rata 8 ton, ini merupakan prestasi atau capaian dari 8.900 hektar atau 84 persen lahan yang tersedia. Kita sudah tersedia dalam peningkatan kualitas produksi, yaitu dari 6 ton kita beranjak 8-9 ton. Itu menandakan ada perubahan pola tanan, panen dan produksi,” kata Bupati Freddy.

Freddy meminta adanya pemetaan wilayah dengan varietas padi yang yang cocok sesuai lahannya di 6 distrik di Merauke. Menurutnya, hal tersebut merupakan upaya menuju pertanian modern. 

“Kami ingin juga nanti dari dinas pertanian dan seluruh pihak terkait, untuk membuat roadmaping dari wilayah 6 distrik. Wilayah mana yang cocok terhadap varietasnya. Kemudian bagaimana mengelola mikro biologi tanah nya. Nanti juga harus ada Perda yang menetapkan zonasi penanaman berbagai jenis varietas tertentu, karena kita harus beranjak kepada petani-petani modern,” ucapnya.

Selain itu, Freddy juga mengimbau ada perhitungan seluruh alat-alat pertanian dengan jumlah luas wilayah, apakah sudah sesuai belum rasionya. “Saya meminta dinas pertanian menginventarisir jonder, combine dan seluruh alat-alat pertanian kepada petani sudah berapa banyak, baik regular maupun aspirasi. Jadi apakah dari seluruh luas wilayah tanam sudah terpenuhi rasio antara alat dan luas tanam atau belum,” ujarnya. [WEND-RH]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *