21 April 2024

DPRD Minta DPMK Segera Tetapkan APBK Kampung

0

Ir. Drs. Benjamin Izaac Rudolf Latumahina

Merauke,PSP-Ketua DPRD Merauke Ir. Drs. Benjamin Izaac Rudolf Latumahina meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) sesegera mungkin menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBK) untuk pencairan Dana Desa tahun 2020 bagi kampung.

Hal ini menjadi kendala penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) di tengah wabah Virus Corona. APBK Kampung se-Kabupaten Merauke belum diserahkan ke DPMK yang membuat Dana Desa tahap pertama tahun 2020 belum dicairkan oleh KPPN.

“Makanya kami tekan kepada Kepala Dinas PMK untuk bagaimana APBK secepatnya ditetapkan segera mungkin. Supaya program BLT secepatnya bisa di akomodir maupun padat karya,” kata Benny kepada wartawan di Kantor Bappeda, Selasa (21/4).

Diakui, pencairan Dana Desa tahap pertama memang juga tak kunjung terealisasi. Yang kemungkinan penyaluran BLT pun akan terlambat dilakukan. “Iya, makanya kami ada genjot dari Dinas PMK. Tapi kita harus maklum dengan kondisi sekarang, pasti semua tertunda,” ujarnya.

Sebelumnya, KPPN belum bisa mencairkan dana desa bagi tiap-tiap kampung. Sebab, APBK menjadi penentu utama pencairan. [ERS-RH]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *