19 Juni 2024

Petani Terdampak Banjir, Mentan Sebut akan Berikan Bibit Gratis ke Petani

0

Amran Sulaiman.

Merauke, PSP – Menteri Pertanian Republik Indonesia, Amran Sulaiman, berjanji untuk memberikan kompensasi kepada para petani yang sawahnya terendam banjir di Provinsi Papua Selatan.

Mentan Amran menyebutkan bahwa pemerintah akan menyediakan bibit benih gratis melalui Direktorat Jenderal terkait. “Kami akan berikan benih bibit padi gratis, nanti Dirjen nya menyiapkan,” ujarnya.

Sebelumnya, petani di pusat pemerintahan Provinsi Papua Selatan, terutama di Kurik-Salor, mengalami kerugian signifikan akibat banjir dalam sepekan terakhir. Mereka melaporkan bahwa ternak mereka tidak lagi terurus, pupuk terendam air, dan gabah terkena dampak rendaman air.

Salah seorang petani, Muntamit, menyampaikan kesedihannya atas musibah ini. “Padi saya, dua hektar tidak bisa dipanen lagi. Ternak, termasuk kambing, ayam, entok, tidak bisa diselamatkan. Padahal, saya sudah bersiap untuk panen, tapi sekarang seperti ini,” ungkapnya. Kepala Kampung Sumber Rejeki, Bambang Irawan, menyatakan bahwa kurang lebih 350 hektar sawah petani terendam banjir. “Kurang lebih 350 hektar. Ada yang akan dipanen, yang sudah dipanen, dan yang belum dipanen,” kata Bambang. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *