13 Juni 2024

Dampingi Mentan RI Tanam Perdana 40.000 hektar, Pangdam : Yonif 757/GV sebagai Prototipe Produksi

0

Pangdam XVII/Cenderawasih mendampingi Menteri Pertanian di Ngguti Bob acara penanaman padi

Merauke, PSP – Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan mendampingi Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman penanaman perdana dan optimalisasi lahan sawah seluas 40.000 hektare di Kampung Ngguti Bob, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Rabu (29/5/2024).

“Ini merupakan wujud keseriusan mendukung program ketahanan Pangan Nasional”, Pangdam di Merauke, Kamis (30/5/2024).

Pati TNI AD berpangkat bintang dua itu menjelaskan bahwa dalam mendukung ketahanan pangan Yonif 757/GV menjadi prototipe atau contoh/model dalam produksi lahan yang telah disiapkan dalam mendukung program tersebut. TNI AD telah menyiapkan Kompi pengelolaan lahan, kompi benih, kompi penanaman, kompi pengendalian hama dan penyakit. Ada pula kompi pengendalian air dan pemeliharaan tanaman maupun kompi pasca panen dan Kompi pemeliharaan alat mesinn pertanian (Alsintan).

“Semua ini kita siapkan, Yonif 757/GV sebagai prototipe dan terus kita sempurnakan,” beber  Mayjen TNI Izak.

Mentan Amran sendiri mengatakan pihaknya mempercayakan kepada Pangdam XVII/Cen untuk mengendalikan agar satu Komando dalam pelaksanaannya.

“Mari kita awali 40.000 hektare, setelah itu 1 juta hectare, sehingga mimpi besar terwujud,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Mentan bersama rombongan menyerahkan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada Kelompok Tani dalam rangka program ketahanan Pangan Nasional. Menteri Amran sendiri didampingi Asisten Khusus Menhan Bid. Manajemen Pertahanan), Letjen TNI (Purn) Ida Bagus Purwalaksana (Asisten Khusus Menhan Bid. Ketahanan Pangan).Pj Gubernur Provinsi Papua Selatan) Apolo Safanpo, Kapoksahli Kodam XVII/Cenderawasih), Danrem 174/ATW, Brigjen TNI Wempi Ramandei, para PJU Kodam XVII/Cen dan  Korem 174/ATW dan Unsur Forkopimda Provinsi Papua Selatan dan Kabupaten Merauke. [FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *