13 Juni 2024

Bandara Mopah Sementara Waktu Kehilangan Status Internasional

0

Nelson Sasarari.

Merauke, PSP – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Selatan, Nelson Sasarari, membenarkan status Bandara Internasional Mopah dicabut sementara waktu dan akan dipertimbangkan untuk dikembalikan di masa mendatang.

“Sebenarnya itu sudah sejak berapa tahun lalu. Jadi informasinya seperti itu yang kami dengar. Tetapi ada kemungkinan untuk dikembalikan lagi statusnya sebagai bandara internasional,” ungkap Sasarari, di Kurik Kamis (30/5).

Menurut Sasarari, meskipun alasannya secara jelas tidak diungkapkan. Keputusan ini merupakan wewenang dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, yang diterapkan oleh pemerintah provinsi.

Meskipun demikian, lanjut Sasarari, ada kemungkinan untuk mengembalikan status Bandara Mopah sebagai bandara internasional.

“Pemerintah pusat kemungkinan mempertimbangkan ulang status bandara ini karena terkait dengan perkembangan pemerintahan provinsi Papua Selatan. Upaya peningkatan infrastruktur seperti terminal, garbarata, dan fasilitas lainnya juga menjadi perhatian dalam rangka mendukung status baru provinsi kita,” kata dia.

Sasarari menambahkan, tengah dilakukan rencana pengembangan terminal Bandara Mopah secara bertahap. “Kita fokus pada penyelesaian segmen-segmen yang masih belum lengkap, termasuk garbarata dan ruang VIP, kita  harapkan dapat dukungan anggaran dari APBN,” pungkasnya. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *