15 Juli 2024

Sun Outage Tidak Berimpact Terhadap Layanan Internet Indihome dan Data

0

Merauke, PSP – Beredar informasi di media sosial yang dikeluarkan oleh Telkomsat yang berisi pemberitahuan akan terjadi sun outage atau gerhana satelit yang akan berdampak terhadap gangguan satelit. Masyarakat yang melihat informasi tersebut harap-harap cemas terhadap jaringan internet yang akan juga terganggu.

Menanggapi informasi tersebut, Kepala Kantor Daera Telekomunikasi (Kakandatel) Merauke, Justino Fernandes mengatakan bahwa memang benar terjadi Sun Outage mulai 18 Maret hingga 26 Maret mendatang.

Namun dirinya menegaskan bahwa sun ougate yang terjadi hanya berdampak terhadap layanan internet Vsat dan starlink di beberapa lokasi.

“ Benar Pak akan terjadi sun outage sampai dengan tanggal 26 tergantung lokasinya. Merauke, Agats, Bade masuk tapi hanya untuk yang berlangganan vsat sama starlink saja,” katanya saat dihubungi media ini melalui pesan whatsapp, Sabtu (24/3).

Sun Outage atau Gerhana Matahari yang mengakibatkan gangguan satelit tersebut tidak hanya terjadi di Merauke saja melainkan di seluruh Indonesia dengan durasi gangguan yang tidak begitu lama.

” Secara keseluruhan kurang lebih 5 sampai dengan 15 menit terjadi Sun Outage, ini terjadi diseluruh Indonesia,” jelasnya. Sedangkan untuk layanan internet data maupun Indihome, Justino memastikan bahwa terjadinya Sun Outage tersebut tidak berimpact terhadap layanan tersebut.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *