25 Juli 2024

MRP PPS Tinjau Korban Banjir ROB di Merauke, Ingatkan Tindakan Antisipasi Dari Pemerintah

0

Merauke, PSP – Ketua MRP Provinsi Papua Selatan, Damianus Katayu, M.AP, memimpin langsung peninjauan di tempat pengungsian warga yang terkena dampak banjir rob di pesisir pantai Kabupaten Merauke.

Kunjungan bersama pokja Agama MRP Provinsi Papua Selatan ini dilakukan di GOR Hiad Sai pada Sabtu (16/3), setelah evakuasi warga terdampak dilakukan pada Jumat (15/3).

Menurut BPBD Merauke, sebanyak 800 jiwa terdampak, dengan 80 orang di antaranya adalah anak-anak balita. Dalam kunjungannya, Katayu mengingatkan pentingnya tindakan antisipasi yang lebih serius dari pemerintah terhadap bencana di wilayah pantai.

“Ini bukan persoalan baru, maka perlu pemerintah harus sudah berpikir strategis. Apakah perlu ada reboisasi di pesisir pantai atau sebagainya, kalau tidak diatasi maka ini akan berulang. Kita harus berpikir jangka panjang,” kata Katayu.

Katayu menekankan perlunya perhatian terus-menerus terhadap pengungsi, termasuk aspek psikologis anak-anak, penyediaan makanan, minuman, hingga fasilitas MCK.

Terkait dengan musibah ini, Katayu menyatakan bahwa MRP telah berkoordinasi langsung dengan Penjabat Gubernur Safanpo. “Pak Gubernur sudah mengintruksikan beberapa OPD terkait agar melihat keadaan ini. Disamping itu kita juga berterimakasih dengan Pemda Merauke yang langsung bergerak melihat hal ini,” ujarnya. Pada kesempatan itu, MRP Provinsi Papua Selatan tampak berbincang – bincang dengan para warga, bertanya tentang keadaan mereka dan sekaligus memberikan beberapa bantuan seperti air minum maupun alat minum untuk menghangatkan air bagi para balita. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *