19 Mei 2024

Hasil Rekapitulasi di Asmat, PKB Menyurat Bawaslu

0

Merauke, PSP – Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Papua Selatan melayangkan surat ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Asmat. Surat tersebut sehubungan dengan hasil pleno yang dibacakan oleh KPU Asmat. Di sana terjadi kesalahan administrasi yang dilakukan KPU Asmat, dimana penghitungan jumlah suara terhadap Partai Gerindra dan Partai PAN yang tidak sesuai dengan C1 hasil dan D-hasil kecamatan.

” Dengan ini kami Partai Kebangkitan Bangsa merasa dirugikan atas kesalahan tersebut dan menolak hasil pleno KPU Asmat serta meminta untuk dilakukan perhitungan ulang sesuai dengan D-hasil kecamatan,” terang Taufik Latarissa di Merauke, Minggu (10/3/2024).

Di tempat yang sama, Sekretaris DPW Partai Kebangkitan Bangsa Papua Selatan, Karyono menyebut kesalahan administrasi yang dimaksud, awalnya D-hasil tingkat distrik partai Gerindra memperoleh 2.822 suara. Namun, saat di tingkat kabupaten D-hasil yang dibacakan menjadi 22.051 suara. Penggelembungannya mencapai 19.229 suara. Lalu, partai PAN, D-hasil distrik 20.147 suara, kemudian D-hasil kabupaten tersisa 660 suara. Sebanyak 19.487 suara yang hilang.

“Sebelum adanya perubahan jumlah suara di partai Gerindra dan PAN, dari PKB mendapat ranking salah satu dari tiga kuota kursi untuk DPR RI dapil Papua Selatan. Tapi setelah adanya pergeseran suara itu, kita tergeser dari ranking itu,” bebernya.

Pihaknya berharap pihak berwenang, dalam hal ini Bawaslu bisa mengambil sikap guna menindaklanjutinya.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *