21 Mei 2024

Dinas Perumahan Rakyat Siapkan Rp. 32 Miliar untuk Bantuan Rumah Layak Huni Bagi OAP

0

Merauke, PSP – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan kabupaten Merauke tahun 2024 ini telah menganggarkan puluhan miliar yang bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk bantuan Perumahan khusus bagi masyarakat Orang Asli Papua (OAP).

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan kabupaten Merauke, Yohan Makaba Rantetampang mengatakan total dana Otsus yang dianggarkan untuk bantuan perumahan tahun ini sebesar Rp. 32 Miliar lebih yang direncanakan untuk membangun sekitar 85 unit rumah layak huni.

Yohan merinci anggaran Rp. 32 miliar lebih tersebut diantaranya untuk pembangunan Rumah Masyarakat type 36 M2 semi permanen dengan volume 63 unit yang dibangun di 11 kampung di 8 distrik (Elikobel, Jagebob, Kaptel, Kimaam, Muting, Naukenjerai, Agguti dan Okaba) dan pembangunan Rumah Swadaya Masyarakat dengan volume 22 unit yang di bangun di 9 kelurahan di Distrik Merauke.

Lebih lanjut, Yohan menerangkan bahwa masyarakat penerima bantuan rumah layak huni tersebut telah ada dan itu merupakan hasil musyawarah antara kepala kampung dan distrik untuk memilih masyarakat OAP yang berhak mendapatkan bantuan tersebut.

” Penerimanya bukan kita yang tentukan, kita serahkan ke kepala kampung, ke distrik mereka yang musyawarah dan Otsus itu khusus OAP,” lanjutnya.

Untuk realisasi pelaksanaannya, Yohan menuturkan saat ini masih dalam tahap perencanaan dan jika telah selesai maka akan masuk ke tahap tender. ” Sementara perencanaan jalan, jadi mudah-mudahan selesai perencanaan langsung kita serahkan ke Pokja untuk segera di tender. Mudah-mudahan perencanaannya selesai di Maret, sudah bisa ditayang di akhir Maret langsung proses tender mudah-mudahan sudah bisa action di awal Mei,” pungkasnya. [JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *