27 Juli 2024

Asosiasi Ketua MRP se-Tanah Papua akan Bahas Keberpihakan OAP melalui Perdasi dan Perdasus

0

Merauke, PSP – Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua Selatan akan segera membahas keberpihakan kepada Orang Asli Papua (OAP) melalui Perdasi dan Perdasus dalam forum pertemuan asosiasi ketua-ketua MRP se-Tanah Papua dalam waktu dekat.

Menurut Ketua MRP Provinsi Papua Selatan Damianus Katayu, M.AP pembahasan ini menjadi penting untuk menguatkan posisi dan hak-hak masyarakat adat Papua.

Dengan menggunakan instrumen hukum seperti Perdasi dan Perdasus, diharapkan dapat tercipta kebijakan yang berpihak kepada OAP dalam berbagai sektor.

“Memang kita punya regulasi yang berpihak kepada OAP belum ketat dan masih bersifat umum. Dalam asosiasi ketua – ketua MRP setanah Papua nanti kami akan bahas, Perdasi dan Perdasus. Kami akan bicara kewenangan dalam PP 54,” terang Katayu dikantornya, kemarin.

Forum pertemuan ini dijadwalkan sebagai wadah untuk berdiskusi dan merumuskan langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan oleh MRP untuk meningkatkan keberpihakan kepada OAP.

Beberapa isu yang akan dibahas Deni peningkatan kesejahteraan bagi OAP.

Diharapkan melalui forum itu, MRP dapat menghasilkan rekomendasi yang dapat diimplementasikan secara efektif oleh pemerintah daerah dalam mendukung keberpihakan kepada OAP. Langkah-langkah konkret yang dihasilkan dari forum itu diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat adat Papua dalam jangka panjang. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *