15 Juli 2024

Sejumlah Warga di Payum Enggan Nyoblos, Namanya Tercecer ke TPS Lain

0

Merauke, PSP – Sebagian warga di Payum kelurahan Samkai enggan menyalurkan hak suaranya dikarenakan nama – nama mereka tercecer hingga ke TPS lain.
Beberapa warga itu hingga saat ini masih memilih untuk berdiam diri di area Payum seperti di TPS 29 misalnya.

Mereka mengaku pada pemilu sebelumnya nama – nama mereka tercatat dan terdaftar di TPS 29 kelurahan itu namun pemilu kali ini berpindah ke TPS jauh dari TPS 29.

“Tidak ada pemberitahuan kalau nama kami dipindahka. Jalan jauh, ke TPS Yobar sana, ada disediakan kendaraan boleh, kalau tidak, tidak usah nyoblos to,” ujar warga – warga itu.

Sejumlah warga itupun tampak memegang surat C6 atau surat undangan memilih namun masih berjibaku bahwa akses ke TPS yang bukan TPS sebelumnya terbilang jauh.

Ditempat berbeda, Pj. Gubernur Provinsi Papua Selatan Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo,ST.,MT mengatakan sebelumnya Forkompimda sudah membahas berkaitan hal itu.

Dilanjutkan, bahwa saat penetapan DPT masyarakat sudah dihimbau untuk mengecek namanya akan memilih dimana.
Namun, hematnya, warga harus antusias melakukan pemilihan demi menentukan masa depan negara walau berjarak.

“Sejak awal kita sudah bahas itu, dan sudah dihimbau agar warga melakukan pengecekan kembali. Walaupun demikian, kami ajak masyarakat agar tetap ke TPS menyalurkan hak suaranya, 1 atau 2 kilometer jaraknya ga papa lah,” kata Pj. Gubernur Safanpo. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *