14 Juni 2024

Jaga Ketahanan Pangan, Kembali Bulog Akan Datangkan 4.000 Ton Beras

0

Kepala Bulog Merauke, Firman Mando.

Merauke, PSP – Selama tahun 2023 hingga saat ini, Bulog Merauke telah mendatangkan ribuan ton beras dari Surabaya untuk memenuhi kebutuhan beras bagi masyarakat di Papua Selatan.  Total sudah 6.000 ton beras yang tiba di Merauke dan sebagian besar telah disalurkan Bulog.

” Saat ini untuk Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang tersedia di gudang kita saat ini ada sebanyak 2.900 Ton. Ini kita siapkan untuk program SPHP dan juga untuk melayani jatah pegawai ASN dan TNI-Polri baik itu otonom maupun vertikal,” kata Kepala Bulog Merauke, Firman Mando di kantornya.

Untuk menambah ketahanan stok beras tersebut, Bulog akan datangkan tambahan sebanyak 4.000 ton untuk mengantisipasi dampak daripada El Nino, karena berdasarkan prakiraan BMKG wilayah Papua Selatan ini merupakan salah satu wilayah yang terdampak El Nino.

” Meskipun tidak terlalu parah tapi sejak dini kita sudah antisipasi kita siapkan stok yang cukup, sehingga masyarakat bisa merasa aman dan tenang menjalani aktivitas sehari-hari karena ketersediaan pangan kita masih cukup,” jelasnya.

Dengan tambahan 4.000 ton beras dari Surabaya tersebut, stok beras bisa aman sampai dengan tahun depan.

” Karena kebutuhan penyaluran kita secara rutin untuk melayani jatah pegawai ASN, TNI-Polri kurang lebih 500-600 ton per bulan, itu rutin kita keluarkan. Dengan stok 2.900 ton kalau penyaluran 600 ton per bulan, bisa tahan hingga 4 bulan ke depan sampai Desember. Nanti di September kalau 4.000 ton sudah mulai masuk berarti persiapan kita untuk melayani program Bantuan Pangan yang kita butuhkan sebanyak 2.300 Ton bisa juga terlayani. Jadi ada sekitar 1.700 Ton yang masih ada stok kita bisa sampai dengan 3 bulan, stok kita bisa aman sampai dengan Maret 2024 disamping panen mudah-mudahan bisa secara serentak dan bagi sehingga kita bisa menyerap beras sebanyak-banyaknya dari petani lokal sini,” pungkasnya. [JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *