30 November 2023

Berdayakan Pengusaha OAP, PUPR Papua Selatan Tuai Pujian

0

Tampak sejumlah pekerja OAP sedang menormalisasi saluran air

Merauke, PSP – Pemerintah provinsi Papua Selatan mendapat apresiasi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Papua Selatan. Apresiasi itu disampaikan langsung oleh pengusaha Orang Asli Papua (OAP) yang sudah diberdayakan Bidang Sumber Daya Air (SDA) dalam pengerjaan normalisasi saluran-saluran air kecil dalam kota Merauke saat ini.

Else Titihalawat, misalnya, salah satu pengusaha OAP yang dipercayakan oleh PUPR menormalisasi saluran got di sekitar jalan kompi. Dengan melibatkan dalam pekerjaan tersebut, Pj Gubernur Papua Selatan dinilai telah memberdayakan pengusaha asli Papua dan bisa berkarya di tanahnya sendiri.  Selain untuk bekerja, pelibatan pengusaha Papua ini  juga sebagai peningkatan sumber daya manusia (SDM).

“Saya mewakili almarhum mama yang merupakan pengusaha Papua menyampaikan terima kasih kepada Pj Gubernur, Apollo Safanpo. Karena sudah melibatkan kami,” tutur Else, kemarin.

Menurutnya, PUPR sudah memulai dalam pemberdayaan pengusaha orang asli Papua. Diharapkan OPD lainnya juga bisa melakukan hal yang sama. Dengan kehadiran PPS, ia berharap Merauke semakin terus berkembang dan pengusaha asli Papua terus dilibatkan dalam proses pembangunan.

Pengusaha OAP lainnya, Hari Mahuze juga mengamini. Kehadiran Provinsi Papua Selatan khususnya PUPR  bisa memberdayakan pengusaha OAP. Dalam proses pengerjaan normalisasi ini, pihaknya mendapat pendampingan langsung, baik secara administrasi maupun pelaksanaan di lapangan.

“Ada pesan langsung dari Kabid SDA bahwa kami pengusaha OAP yang mendapat perkerjaan tidak boleh menjual pekerjaan (proyek), tapi harus dikerjakan sendiri. Karena ada pendampingan, sehingga terarah, ” ujar Heri.

Sebagai pengusaha Papua, Heri juga memberdayakan anak-anak asli Papua untuk ikut berkerja kurang lebih 20 orang. Selain bisa mendapat uang, anak-anak tersebut juga bisa mendapat ilmu. “Kami berterima kasih kepada bapak Pj Gubernur Apollo Safanpo karena sudah memperhatikan pengusaha Papua. Ke depan, kami juga berharap bisa terus dilibatkan dalam pembangunan secara berkelanjutan,” katanya penuh bangga.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *