24 Juni 2024

Antisipasi PLB Lewati Jalur Tikus, PLBN Tetap Pelayanan di Luar Jam Kerja

0

Ni Luh Puspa Jayaningsih

Puspa : Saya ga mau kalau hanya petugas PLBN periksa tapi petugas CIQ juga

Merauke, PSP – Guna mengantisipasi pelintas batas (PLB) di perbatasan Sota melewati jalur – jalur tikus untuk masuk ke wilayah NKRI maupun yang keluar, pengawas PLBN di Sota tetap melayani masyarakat walaupun di luar jam kerja.

Selain guna meminimalisir upaya melewati jalur tikus oleh pelintas, tapi juga menunjukkan bahwa petugas gabungan yang terdiri dari Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina ada di perbatasan bertugas untuk mengawasi.

Kepala PLBN Sota Ni Luh Puspa Jayaningsih menyampaikan, jika sebelumnya PLBN di buka pada jam tertentu pukul 08.00 Wit hingga 16.00 Wit atas kesepakatan dengan CIQ maka PLBN di buka sepanjang waktu bagi pelintas.

“Kami sudah sepakat dengan CIQ dan saya ga mau kalau pelintas masuk membawa hasil alam misalnya, cuma diperiksa oleh sekuriti kami harus dari karantina, bea cukai dan imigrasi,” ujar Puspa di Taman Mandala baru – baru ini.

Warga PNG terkadang yang melakukan perburuan hingga malam hari mendorong pelayanan di luar jam kerja itu mesti dilakukan.

“Semua sudah boleh teratur sejak ada PLBN, pelanggaran sudah semakin kecil, tetapi warga PNG yang kadang berburu hingga malam, ini harus di awasi,” lanjut Puspa.

Puspa meyakini ketika warga hendak melewati PLBN namun tidak ada petugas atau menolak di luar jam kerja maka pelintas akan melalui jalur tikus.

“Kalau ditolak pasti mereka lewat jalur tikus, seperti hal nya baru – baru ini ada yang sakit kami layani,” ucapnya. Puspa mengungkapkan, petugas pengawas di perbatasan bersama TNI – Polri senantiasa memberikan pelajaran mendidik bagi pelintas – pelintas batas agar tidak melakukan tindakan menyimpang melalui jalur tikus maupun tindakan melawan hukum lainnya. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *