8 Desember 2023

Tingkatkan ekonomi Masyarakat, TP PKK bersama Dinas Pertanian Dampingi Kelompok Tani Manfaatan Pekarangan Rumah

0

Foto Bersama Perwakilan Kelompok Tani, Pj Bupati, Pj TP PKK, Kadis Pertanian dan Penyuluh Pertanian. Foto: PSP/RADE

Mappi, PSP –  Tim Penggerak PKK bersama Dinas Pertanian Kabupaten Mappi terus melakukan terobosan dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat kabupaten mappi. Salah satunya pemanfaatan lahan pekarangan rumah yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK bersama Dinas Pertanian yakni di (12) kelompok tani rumah tangga tepatnya di kampung Dagimon yang direncanakan menjadi kampung percontohan pemanfaatan lahan pekarangan rumah.

Kolaborasi Tim Penggerak PKK melalui program Aku Hatinya PKK, Amalkan dan Kukuhkan Halaman Astri Teratur Indah dan Nyaman, bersama Dinas Pertanian melalui program Pekarangan Pangan Lestari, guna pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk menambah gizi dan meningkatan perekonomian rumah tangga masyarakat kabupaten mappi, Sabtu (22/7/23).

Guna melihat langsung aktivitas masyarakat dalam pemanfaatan pekarangan rumah di kampug Dagimon, Penjabat Bupati Michael R. Gomar, S.STP., M.Si didampingi Pj. TP PKK Ny. Stefanie Gomar, SH.,MH dan Kepala Dinas Pertanian Antonius Letsoin, SP, bersama tim penyuluh dinas pertanian melakukan penanaman sayur-sayuran di kelompok tani yakni, kelompok Noken, Cendrawasi, Mambruk, dan Teratai. Dan kelompok tani ini terdiri dari mama – mama Papua.

Ny. Stefanie Gomar SH,MH  mengatakan, dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat melalui program Aku Hatinya PKK dan Pekarangan Pangan Lestari. Dimana TP PKK bersama dinas pertanian terus melaksanakan gerakkan menanam, dengan melakukan penanaman sayur- sayuran di pekarangan rumah.

“Hari ini kita melakukan penanaman di 5  kelompok binaan TP  PKK Kabupaten Mappi. Melalui program Aku Hatinya PKK kita akan terus gerakkan program menanam. Dan ini tidak hanya dilakukan di kampung Dagimon saja tetapi di kampung lainnnya. Kita juga melaksanakan program yang sama,” ungkapnya.

Dikatakan Ny. Stefanie melalui gerakkan menanam tersebut pihaknya menyediakan bibit sayuran serta mendampingi secara langsung masyarakat saat melakukan penanaman. Sementara untuk panennya nanti itu menjadi hak dari masing-masing kelompok binaan.

“Penanaman sayur-sayuran selain untuk membantu perekonomian masyarakat juga untuk pemenuhan gizi keluarga. Kami juga berterima kasih kepada pak Kadis dan teman -teman dari dinas pertanian yang sudah berkolaborasi dalam program ini,”ucapnya.

Kata Ny. Stefanie, TP PKK Kabupaten Mappi terus berkomitmen untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat salah satunya dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk dijadikan sebagai lahan penanaman sayur-sayuran. ketahui pekarangan rumah di Mappi ini cukup luas, sehingga harus berinisiatif untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam sayur-sayuran.

Kepala Dinas Pertanian Antonius Letsoin SP menjelaskan bahwa, kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan rumah tangga merupakan salah satu program prioritas tim penggerak PKK melalui program Aku Hatinya PKK yang berkolaborasi dengan dinas pertanian melalui program Pekarangan Pangan Lestari. Tujuan dari pada program ini adalah untuk pemenuhan kebutuhan gizi keluarga dan pemenuhan kebutuhan ekonomi rumah tangga.

“Dengan tujuan utama untuk penanganan stunting di kabupaten mappi, karena kita ketahui bersama bahwa di Papua secara umum dan khusus di kabupaten mappi angka stunting masih cukup tinggi. Sehingga melalui kolaborasi tim penggerak PKK bersama dinas pertanian untuk membantu masyarakat dengan menanam sayur-sayuran di pekarangan rumah untuk pemenuhan kebutuhan gizi keluarga, dan pemanfaatan lahan pekarangan rumah pada masyarakat akan didampingi langsung oleh tim penyuluh dari dinas pertanian ,” ujar Kadis Pertanian.

Lanjutnya, ada (12) kelompok tani binaan tim penggerak PKK bersama dinas pertanian, dan untuk saat ini yang dilakukan penanaman sayur-sayuran dibeberapa kelompok tani yang lahan dan bibitnya sudah siap untuk ditanam. Lalu khusus kepada masyarakat mappi yang lahannya sudah ada untuk pemanfaatan lahan pekarangan rumah tangga, dinas pertanian akan membantu peralatan untuk pengolahan tanah dan membantu bibit-bibit sayur-sayuran.

Sementara itu ketua Kelompok Teratai, Carolina Miakaimu mengucapkan terima kasih kepada TP PKK yang telah melaksanakan program tersebut. Menurutnya progrm tersebut bisa melatih  mereka dalam rangka penanaman yang benar sekaligus menambah penghasilan mereka.

“Saya senang dan saya juga terima kasih kepada ibu Pj ketua PKK, yang sudah memberikan kami bibit sayur -sayuran,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Kampung Dagimon, Engelbertus Miakaimu pasalnya gerakkan menanam dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang dicanangkan oleh TP PKK ini tentu sangat membantu masyarakat. “Kami dukung, kami senang program seperti ini, dengan adanya sayur ini nanti bisa dijual ke pasar dan menambah penghasilan masyarakat khususnya mama-mama yang urus di dapur,” pungkasnya. [RADE-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *