6 Desember 2023

Momen HBA ke – 63, Kajari Merauke Ingatkan Jajarannya Jauhi Tindakan Menyimpang

0

Pemotongan tumpeng HBA ke - 63 tahun 2023. Foto: PSP/JON

Merauke, PSP – Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke – 63 tahun 2023 ini, menjadi momen bagi Kepala Kejaksaan Negri Merauke Radot Parulian Sihombing,SH,.MH mengingatkan jajarannya dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi kejaksaan.

Nasihat maupun pesan itu disampaikan pada acara syukuran di kantor Kejaksaan Merauke, menyusul berbagai kegiatan yang sudah diselenggarakan sebelum hari puncak HBA.

“Saya berpesan kepada jaksa melaksanakan tugas dan fungsinya, dengan tetap menjaga profesionalitas dan proporsional, jauhi tindakan yang menyimpang menyalahgunakan kewenangan,” pesan Kajari Radot, Sabtu (22/7).

Diungkapkan, jaman sedianya sudah berubah sehingga perlu insan Dhyksa berjalan dalam rel aturan yang sudah ditetapkan.

“Saat ini jaman nya sudah berbeda, kita harus melaksanakan tugas sesuai apa yang sudah digariskan institusi dan kebijakan pimpinan,” ungkapnya.

Tak sampai disitu, kekompakan jajaran kejaksaan negeri Merauke yang sejauh ini terbilang baik diharapkan dapat terus terjaga.

“Ini guna menghadapi tantangan dinamika tugas kedepan. Momen ini juga untuk kita instrospeksi dan evaluasi terhadap kinerja yang kita lakukan dalam setahun terakhir,” kata Kejari Radot.

Sejalan dengan tema HBA tahun ini yakni Penegakan Hukum yang Tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional, diingatkan jajaran kejaksaan negeri Merauke sedapat melakukan penegakan hukum yang tegas dan humanis.

“Penegakan hukum memperhatikan keadaan sekitar, memahami apa yang dibutuhkan masyarakat, cermat terhadap nilai keadilan yang tumbuh di masyarakat,” lanjutnya.

Dikatakan Kejari Radot, hukum itu ditegakkan dengan akal juga pikiran yang akan bermuara pada kemanfaatan kepada masyarakat.

“Hukum ditegakkan dengan akal dan pikiran, sedangkan keadilan diasah dengan hati nurani. Jadi penegakan hukum yang tegas dan humanis menyeimbangkan antara kepastian hukum keadilan dan juga kemanfaatan untuk masyarakat,” pesannya. Hadir dalam acara syukuran HBA ke – 63 jajaran kejaksaan negeri Merauke beserta keluarga. Momen itu pula, Kejari Radot menandai hari peringatan dengan memotong tumpeng dan menyerahkannya ke jajaran tertua dan termuda. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *