18 Juni 2024

Memasuki Musim Kemarau, Pemda Antisipasi Titik-Titik Api di Merauke

0

Bupati Kabupaten Merauke Romanus Mbaraka

Merauke, PSP – Bupati Merauke, Romanus Mbaraka menjelaskan bahwa pihaknya sudah diperingatkan secara Nasional bahwa terkait puncak musim Kemarau di kabupaten Merauke akan berlangsung selama periode Agustus hingga Oktober.

Hal tersebut menjadi harapan besar bagi petani untuk bisa kembali mengelola lahannya yang selama 3 tahun terakhir ini tidak maksimal akibat curah hujan yang terus terjadi sepanjang tahun.

” Kalau untuk petani kita Allhamdulilah Puji Tuhan karena baru tahun ini tanah kita kering supaya kita peremajaan tanah,” katanya krpada wartawan beberapa waktu lalu.

Namun, ada persoalan yang harus di antisipasi saat terjadinya musim kemarau terdebut yaitu titik-titik kebakaran mungkin saja terjadi di beberapa wilayah di Merauke.

” Tapi kasus di Merauke di tanah selatan Papua ini khusus di dataran Animha ini kalau panas sudah diatas 34 derajat itu nanti ada muncul api dari tanah atau api tanah, itu juga yang terjadi,” jelasnya.

Bahkan dirinya mendapat laporan di beberapa wilayah seperti di Kimaam dan Okaba sudah mulai muncul api tanah, api yang jadi sendiri karena endapan panas bumi.

Untuk mengantisipasi kebakaran tersebut, dirinya mengajak masyarakat untuk mari jaga sama-sama, hutan yang memang daerah tangkapan hujan, tangkapan air mari untuk dipelihara. ” Ada savana yang betul-betul menjadi tempat buffer hujan mari kita pertahankan dan masyarakat saya minta untuk tidak bakar hutan,” pungkasnya.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *