12 April 2024

Pj Bupati Mappi Serahkan Bantuan Pembangunan Rp1.5 Miliar Bagi Masjid Al-Anshar Eci

0

Penyerahan Bantuan Untuk Pembangun Masjid. Foto: PSP/RADE

Mappi, PSP – Perjalanan Penjabat Bupati Mappi, Michael Rooney Gomar, S.STP., M.Si sejauh 102 kilometer dari Kota Kepi ke Eci, Distrik Assue membawa berkah tersendiri bagi umat muslim di kampung tersebut. Kedatangan Pj Bupati bersama rombongan pada Senin (26/6/2023) selain dalam rangka kunjungan kerja tapi juga menyerahkan bantuan hibah pembangunan senilai Rp1,5 miliar kepada Masjid Al-Anshar Hafo.

Selain bantuan untuk pembangunan, Pj Bupati juga menyerahkan hewan kurban dalam rangka Idul Adha 1444 Hijriah. Ada 7 ekor sapi yang telah diserahkan kepada PHBI Mappi dan dibagi ke beberapa distrik termasuk Distrik Assue mendapat 1 ekor dan 1 ekor untuk Distrik Haju.

Kedatangan Pj Bupati disambut luar biasa dan sangat meriah. Padahal sebelum berkunjung, ia sudah menitipkan pesan agar tidak perlu ada penyambutan. Pj Bupati sangat mengapresiasi penyambutan tersebut namun ia meminta agar dalam kunjungan selanjutnya tidak perlu ada penyambutan yang berlebihan tetapi biasa saja.

“Saya sama seperti dengan bapak, ibu masyarakat biasa. Cuma Tuhan berikan saya kesempatan menjabat Pj Bupati tapi di luar itu apalah arti sebuah jabatan, nanti pensiun atau meninggal jabatan itu sudah tidak ada yang terpenting kita cari pahala di dunia ini dengan baik sehingga di surga dapat tempat,” tuturnya.

Adapun salah satu tujuan kunjungan Pj Bupati ke Distrik Assue adalah menyerahkan secara langsung bantuan hibah pembangunan Masjid Al Anshar Assue yang bersumber dari APBD Tahun 2023 sebesar Rp1,5 miliar.

Dana ini dikatakan Pj Bupati, merupakan dana pemerintah daerah atau uang negara yang dialokasikan untuk hibah kepada masjid, gereja, paroki dan stasi di Mappi. “Azas keadilan ini harus kita bagi dengan baik dan dengan tujuan membina mental spiritual, umat dan seluruh warga masyarakat,” kata Pj Bupati.

Bantuan kepada Masjid Al-Anshar Assue juga sudah dialokasikan dalam APBD Perubahan Tahun 2022 sebesar Rp 500 juta dan sudah diserahkan. Bantuan itu diberikan setelah Pj Bupati melakukan kunjungan tahun lalu dan melihat kondisi pembangunan masjid, kemudian dialokasikan dalam APBD Perubahan Tahun 2022.

“Dan hari ini saya bisa hadir dan melihat ada perubahan pembangunan kelanjutan yang dilakukan gunakan hibah Tahun 2022. Tahun 2023 kita serahkan dengan harapan agar pelaksanaan MTQ di Tahun 2024, bisa kembali di Masjid yang gedungnya semakin bagus,” tuturnya.

Perwakilan DKM Al-Anshar Assue, Alwi mengungkapkan, kedatangan Pj Bupati dengan penuh perjuangan ke Eci dilakukan atas dasar cinta dan kasih. Juga sebuah bentuk kedekatan pemimpin dengan rakyat. Terutama bagi umat Muslim yang selama ini menantikan kehadiran seorang pemimpin terlebih memberi perhatian untuk pembangunan masjid yang akhirnya bisa terwujud.

Alwi mengungkapkan, komunitas muslim di Assue hampir mencapai 2000 jiwa. Sinergitas dengan semua pihak membuat toleransi antar umat beragama di Assue bisa tetap terjaga sehingga masyarakat Assue tetap berasama aman dan nyaman. Itu juga karena adanya dukungan dan peran dari kepala distrik, Polsek dan Koramil yang memberi ruang bagi setiap kegiatan keagamaan.

Distrik Assue, pada Tahun 2024 mendatang ditunjuk menjadi tuan rumah kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Mappi. Untuk kesuksesan kegiatan ini, panitia terus melakukan koordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Pemerintah Distrik Assue dan menurutnya sangat mendapat dukungan dari pemerintah.

Ia berharap Pj Bupati bisa hadir sekaligus membuka kegiatan MTQ tahun depan. Ia bahkan berharap ketika MTQ mendatang, progres pembangunan masjid semakin terlihat sehingga bisa digunakan jadi tempat pelaksanaan MTQ. [RADE-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *