18 April 2024

Buka BIMTEK, Pj Bupati Mappi : Perkembangan Revolusi Industri 4.0 Sangat Dibutuhkan Dalam Pelayanan Publik Pemerintahan

1

Penjabat Bupati Mappi Saat Berikan Sambutan. Foto: PSP/RADE

Mappi, PSP – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Mappi menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mappi. Giat tersebut yang berlangsung di gedung qhaindau uri di buka oleh Penjabat Bupati Mappi dan dihadiri langsung oleh narasumber Arsiparis Ahli Mudya, Dwi Nurmaningsih, S.A.P., M.Hum dan Arsiparis Ahli Pertama, Ery Lukito Dewi, S.Hum.

Advertisements
Advertisements

Dihadiri juga oleh Sekda Mappi, para Asisten, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  Wakapolres, Pabung, Komandan Yonif 125 Si’mbisa dan tamu undangan lainnya. Kegiatan BIMTEK yang akan berlangsung pada tanggal 22 sampai 23 Juni 2023, diisi dengan materi-materi yang dibawakan langsung oleh kedua narasumber tersebut.

Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar, S.STP, M.Si disambutnya menyampaikan, selamat datang dan berterima kasih kepada kedua narasumber yang telah bersedia dan menyempatkan waktu untuk mengunjungi kabupaten mappi atau daerah sejuta rawa. Semoga dengan kehadiran kedua narasumber bisa memberikan pengetahuan dan motivasi kepada seluruh OPD dalam upaya mewujudkan kinerja pemerintahan yang berbasis digital.

Advertisements
Advertisements

“Perkembangan revolusi industri 4.0 di jaman era digitalisasi saat ini sudah sangat berkembang pesat, kita di wilayah Papua belum terasa, tetapi di daerah Jawa dan diluar negeri perkembangan revolusi industri 4.0 sudah sangat terasa. Artinya perkembangan revolusi industri 4.0 sangat dibutuhkan dan menjadi kerinduan pemerintahan dalam tata cara pelayanan publik,” ucap Penjabat Bupati, Kamis (22/6/23).

Advertisements

Penjabat Bupati berikan contoh, dulu dijalan tol ada manusia yang menjaga untuk melayani pembayaran secara cash, tetapi saat ini sudah tidak ada lagi manusia yang menjaga jalan tol semua sudah menggunakan teknologi digital. Dua puluh dan tiga puluh tahun kedepan tenaga manusia sudah tidak lagi dibutuhkan, pikiran manusialah yang akan dibutuhkan untuk bisa mengontrol dan mengawasi teknologi digital yang digunakan.

Advertisements
Advertisements

Lanjutnya, sehingga saat ini bagaimana kita harus mempersiapkan anak-anak kita untuk bisa memanfaatkan dan menggunakan teknologi digitalisasi, maka kedepannya kita semua pasti akan beranjak untuk menggunakan digitalisasi dalam pelayanan pemerintahan. Sistem pelayanan pemerintahan sudah harus menjadi kewajiban untuk dilakukan dengan pelayanan berbasis digitalisasi.

Ia sampaikan, sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 95 tahin 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Keputusan Menteri Perdayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi nomor 679 tahin 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis. Jujur sampai saat ini pemerintah daerah belum melaksanakan dan menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik, dikarenakan beberapa kendala dan salah satunya jaringan internet yang betul-betul membutuhkan pemeliharaan yang cukup baik.

Advertisements
Advertisements

“Semoga dengan kegiatan Bimtek ini bisa memberikan banyak pengetahuan dan motivasi kepada kita semua, agar kedepannya khusus pemerintahan daerah bisa menerapkan pelayanan publik berbasis elektronik. Disampaikan apresiasi juga kepada kepala dinas dan staf jajaran dinas perpustakaan dan kearsipan daerah yang telah mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan Bimtek ini,” pungkasnya. Usai pembukaan kegiatan Bimtek Penjabat Bupati Mappi memberikan apresiasi kepada kedua narasumber dengan memakaikan noken hasil kerajinan tangan Mama-mama Papua. [RADE-NAL]

Advertisements

Advertisements
Advertisements
Advertisements

1 thought on “Buka BIMTEK, Pj Bupati Mappi : Perkembangan Revolusi Industri 4.0 Sangat Dibutuhkan Dalam Pelayanan Publik Pemerintahan

  1. Terimakasih atas informasi mengenai perkembangan revolusi industri. Memanfaatkan berbagai jenis teknologi di banyak kegiatan sangat membantu. Web AR yang merupakan satu teknologi era digitalisasi berbasis Augmented reality dapat dimanfaatkan berbagai bidang terutama untuk website perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *