21 Juni 2024

Respon Keluhan Masyarakat Soal Banjir, Begini Langkah Cepat PUPR Papua Selatan

0

Yosep Rum

Merauke, PSP –  Sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB), Pemerintah Provinsi Papua Selatan dengan cepat merespon keluhan masyarakat soal banjir yang selalu melanda bila curan hujan tinggi di Merauke. Pj Gubernur PPS, Apolo Safanpo melalui Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah memprogramkan agar penanganan banjir yang selama ini melanda bisa tertangani.

Kepala bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Papua Selatan, Yosep Rum mengatakan pihaknya diperintahkan untuk membuat master plan banjir kota Merauke, supaya bisa ditangani secara terukur. Setelah dilakukan penggalian kemudian dilihat pola aliran dari selokan tersebut agar penanganannya bisa maksimal dan tidak membuang buang biaya.Yang  dibuka  mulai dari Jalan Jawa, Noari, kemudian  Kaliweda, begitu juga dengan titik-titik banjir lainnya, semuanya dilakukan bertahap. Selain itu, dilakukan juga koordinasi dengan Pemkab Merauke, Balai Wilayah Sungai (BWS) untuk mengetahui titik-titik banjir. Pihaknya juga Sudha melihat ada 5 titik pintu air.

“Yang pertama kami tangani saat ini belakang RSUD.Bisa kita lihat sekarang ini, di Jalan Jawa, Nowari,  tidak ada genangan air lagi saat hujan turun. Setelah ini kita tangani lagi titik lainnya,” beber Yosep, saat melihat selokan di depan Mako Brimob Merauke, kemarin. Menurutnya, Pj Gubernur berharap supaya tahun 2023 ini, untuk banjir sudah bisa ditangani secara bertahap. Dengan demikian, masyarakat bisa tenang dan tdak perlu kuatir lagi kala hujan turun.”Kami mendukung program Pj Guberur agar Merauke bebas banjir,” pungkasnya.[FHS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *