27 Juli 2024

Animo Pendaftar Calon Anggota MRP Papua Selatan Cukup Tinggi

0

Dominikus Buliba Gebze.

Merauke, PSP – Ketua Panitia Pemilihan Anggota MRP Papua Selatan Dominikus Buliba Gebze mengatakan, animo masyarakat Papua di Papua Selatan terbilang sangat tinggi dalam pendaftaran calon anggota MRP.

Pendaftar yang berusia 60 tahun pun cukup banyak. Namun di samping itu, persyaratan yang telah diplenokan panitia batas umur setinggi – tingginya adalah 60 tahun.

“Nanti kami verifikasi dulu, jangan sampai umur sudah lewat 60 tahun pasti tidak bisa, karena kebanyakan yang terjadi seperti itu, animo pendaftar yang usianya 60 tahun cukup tinggi,” kata Buliba di Careinn Hotel, Selasa (16/5).

Tak hanya itu, Buliba menyebutkan pendaftar dengan kategori matrilineal juga cukup banyak.

“Siapa pun pendaftar sedianya silahkan, namanya demokrasi, tapi nanti di verifikasi berkas kan kami lihat. Sementara Papua itu patrilineal,” kata Buliba.

Sampai saat ini, tambah Buliba, pendaftar unsur agama yang terpusat di sekretariat paniti pemilihan di Merauke ada 59 orang baik Protestan, Katolik, maupun Muslim.

“Ini tengah di verifikasi oleh panpil berkasnya, mungkin lusa kami sampaikan hasilnya,” ujar dia.

Sedangkan unsur adat dan perempuan, sambungnya, panitia pemilihan dari Kabupaten Mappi menyampaikan ada 10 nama total keduanya.

“Baru Mappi yang menyerahkan 10 nama. Sedangkan Asmat hasil komunikasi kami akan disampaikan besok (hari ini,red),” sebut dia.

Buliba mengatakan, panitia pemilihan kabupaten Merauke dan Boven Digoel belum menyampaikan informasi apapun berkaitan pendaftaran. “Mappi komunikasi baik, Asmat pun begitu dan besok hasil akan diserahkan ke kami,  sedangkan komunikasi Merauke dan Boven Digoel terputus dan kami tidak tau kenapa bisa putus,” tambahnya. [ERS-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *