13 April 2024

Selain Rencana Pembangunan Perpustakaan, Dinas Perpus Terus Lakukan Edukasi dan Sosialisasi

0

Mappi, PSP – Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Mappi di tahun 2024 melalui (Dana Alokasi Khusus) DAK akan membangun gedung perpustakaan daerah, dan lokasinya tepat di depan kantor satuan polisi pamong praja. Pembangunan gedung perpustakaan guna meningkatan minat baca baik kepada pelajar maupun masyarakat secara keseluruhan di kabupaten mappi.

Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Mappi Fransiskus Y. Jamlean, S.Sos, M.Si saat ditemui media ini menjelaskan, untuk saat ini dinas lebih banyak persiapkan peningkatan sumber daya aparatur di kantor perpustakaan, karena ada pengusulan di tahun 2024 akan dibangun gedung perpustakaan daerah. Sampai saat ini dinas masih kurang tenaga pustakawan, dan ada tujuh (7) pegawai dari kantor yang relokasi ke (Provinsi Papua Selatan) PPS.

“Ada dua kepala seksi yang relokasi juga, dan yang relokasi ini adalah kepala seksi minat dan baca, sehingga kita agak kesulitan. Namun dengan beberapa pegawai yang telah relokasi, tentu tidak menjadi kendala untuk meningkatkan minat baca, pihak dinas tetap berkomitmen untuk memberikan edukasi dan sosialisasi tentang minat baca bagi pelajar maupun masyarakat secara keseluruhan,” jelas Kadis Perpustakaan Daerah, Senin (27/2/23).

Lanjutnya, dengan anggaran yang ada di tahun ini walaupun terbatas tidak mengurangi rasa semangat kita untuk bekerja. Untuk perpustakaan keliling-kelilin tetap akan dilaksanakan di sekolah-sekolah secara rutin satu minggu tiga kali, sekaligus mengedukasi dan mensosialisasikan tentang minat baca. Pihak dinas juga telah berkomunikasi dengan beberapa pihak secara individu yang mempunyai taman baca mandiri dan mereka siap untuk membantu.

“Di tahun ini dinas ada usulan ke pusat untuk mendapatkan (Pojok Baca Digital) Pocadi, karena menurut kami sangat menarik terutama untuk melihat, membaca dan menonton video-video edukasi. Dan pihak dinas sedang berupaya untuk bisa menarik perhatian para pembaca, dan jujur memang saat ini belum ada sosialisasi tentang perpustakaan,” ungkapnya. Harapannya, kepada para pelajar dan masyarakat secara keseluruhan jika ingin mendapatkan informasi yang baik langsung dari sumbernya, tentu bisa berkunjung ke perpustakaan daerah. Mari secara bersama-sama kita mengajak generasi muda kita untuk gencar membaca yang dimulai dari dalam lingkungan keluarga,. [RADE-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *