27 Juli 2024

Januari 2022, Stok Vaksin Sinovac Expired

0

dr. Nevile R. Muskita

Merauke, PSP – Memasuki penghujung akhir tahun ini, Dinas Kesehatan kabupaten Merauke terus gencar melakukan serbuan vaksinasi. Hal tersebut mengingat masa expired (kadaluarsa) vaksin Covid-19 berakhir pada bulan Januari 2022 mendatang.

” Vaksin kita masih seribuan, Januari (expired),” kata kepala dinas Kesehatan kabupaten Merauke, dr. Nevile Muskita saat ditemui di kantornya belum lama ini.

Selain itu juga pihaknya saat ini tengah melakukan komunikasi dengan Provinsi terkait dengan kebutuhan vaksin di daerah lain, sehingga stok vaksin yang ada di Merauke bisa dialihkan ke daerah lain yang lebih membutuhkan.

“ Cuma persoalannya kemarin saya dilaporkan dari penanggung jawab itu bahwa kalau mau dikirim kembali biaya ditanggung sendiri, sedangkan kita sudah tidak punya biaya untuk mengirim kembali,” jelasnya.

Lebih lanjut, Nevile juga mengungkapkan bahwa sudah ada beberapa vaksin jenis Moderna yang sudah melebih masa Expired sehingga vaksin tersebut nantinya akan dilakukan pemusnahan termasuk nantinya jika vaksin jenis Sinovac melewati masa expired akan dilakukan pemusnahan.

” Yang Sinovac yang masih banyak, kalau yang Moderna ada yang sudah expired, kalau sudah expired ngapain dikembalikan nanti dimusnahkan. Namun untuk memusnahkan kita masih menunggu,” pungkasnya.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *