4 Desember 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Disdukcapil Fasilitasi Data Anak-Anak Pengguna Zat Adikftif

Kepala Disdukcapil Paino,SIP.MT

Merauke, PSP – Supaya anak-anak pengguna zat adiktif terdata, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merauke akan memfasilitasi anak-anak pengguna zat adiktif agar masuk adminduk dan adminitrasi kependudukan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Merauke Paino, SIP. MT mengatakan hal ini dilakukan untuk menunjang nasib pendidikan anak-anak pengguna zat adiktif.

“Komitmen disdukcapil kabupaten merauke adalah melayani seluruh warga masyarakat indonesia, oleh karena itu disdukcapil juga telah mengeluarkan Kartu Identitas Anak (KIA) yang di gunakan oleh siswa Sekolah Dasar (SD) dan  siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dan kemudian anak-anak yang status orang tuanya belum menikah, tentu dapat di terbitkan akte kelahirannya, dan itu sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh kementrian,” ujar Paino saat di temui di ruang kerjanya usai belum lama ini.

Sambungnya, akte kelahiran anak akan diterbitkan, hanya saja dengan catatan status orang tua belum menikah, namun orang tua tetap akan di akomodir untuk membuat surat pertanggung jawaban mutlak, proses ini dimudahkan, karena disdukcapil tidak ingin mengabaikan nasib pendidikan anak-anak indonesia.

“Mengenai anak-anak pengguna zat adiktif yang di dampingi oleh dinas terkait dan ingin melanjutkan pendidikan SD, tentu kami dari disdukcapil akan menfasilitasi data adminduk dan adminitrasi kependudukannya, cuma saat ini kami belum mempunyai data berapa jumlah anak-anak yang ingin mengurus data adminduk dan adminitrasi kependudukan untuk melanjutkan pendidikan pada tingkat SD,” pungkasnya.

Selain itu, kata dia, jika dari dinas terkait ingin bekerjasama dengan pihak disdukcapil untuk memfasilitasi data adminduk dan adminitrasi anak-anak pengguna zat adiktif dalam menunjang pendidikannya, maka disdukcapil akan memfasilitasi, hanya saja saat ini disdukcapil belum mempunyai data rill mengenai anak-anak pengguna zat adiftif. [RADE-NAL]

error: Content is protected !!