25 Oktober 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

PON XX Menjamin Pendapatan Petani Sayuran

Petani Sayuran Area Bandara Mopah, Alek W. Nunarti

Merauke, PSP – Selama Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Petani sayuran area bandara mopah merauke mengalami peningkatan pendapatan. Dengan, adanya event akbar ini, para petani meningkatkan produksinya.

Petani Sayuran Area Bandara Mopah Alek W. Nunarti menyampaikan, dimasa event nasional PON XX  kami mengalami perbedaan yang cukup signifikan terhadap pendapatan kami, yang awalnya sebelum event nasional PON XX kami sangat kesulitan dalam memasarkan hasil-hasil budidaya tanaman sayuran kami, dan pendapatan kami juga kurang begitu memuaskan.

“Namun di event nasional PON XX ini sangat membantu petani terutama dalam memasarkan hasil-hasil budidaya tanaman,  sehingga pada saat kami panen kami bisa langsung menjual pada langganan kami  dan ketentuan harga yang disepakati antara petani dan pelanggan sangat memuaskan,” kata Alex saat diwawancara di kebun sayurnya, Kamis (7/10/21).

Kata dia, untuk jumlah sayuran yang kami jual perhari mencapai 300 ikatan itu terdiri dari satu jenis sayuran. Ia jualan selang-seling 1 hari sayur sawi besoknya sayur kangkung. Dan untuk saat ini kami juga berlangganan dengan sub bidang konsumsi dan kontribusi, mereka sangat membantu petani sayuran.

“Sehingga dengan adanya kontribusi yang diberikan oleh sub bidang konsumsi membuat petani peka dalam menjaga kualitas produksi tanaman sayuran. Secara pribadi saya mengucapkan terima kasih kepada sub bidang konsumsi yang telah berupaya untuk memanfaatkan tanaman sayuran kami petani merauke,” ucapnya.

Ditambahkannya, hasil yang didapatkan dari jualan sayuran untuk perhari bisa mencapai sekitar 80 persen. Menurutnya  pendapatan ini sangat memuaskan sehingga kami  sebagai petani sayuran juga tetap menjaga kualitas tanaman sayuran kami dan akan meningkatkan jumlah produksi dengan kualitas sayur yang bermutu. [CR1-NAL]

error: Content is protected !!