29 Maret 2024

Demi Keselamatan, Pemda Boven Tarik Nakes di Dua Distrik Pedalaman

0

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boven Digoel H. Syahib

Tanah Merah, PSP – Pasca penyerangan terhadap Nakes (tenaga kesehatan) serta pembakaran Fasilitas Kesehatan di Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang oleh Kelompok Krimimal Bersenjata KKB, Pemerintah Kabupaten Boven Digoel melalui Dinas Kesehatan Menarik seluruh Tenaga Kesehatan di Distrik Yaniruma dan Distrik Firiwage. Kedua distrik tersebut, berbatasan langsung dengan Kabupaten Pegunungan Bintang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boven Digoel, H. Syahib menjelaskan dengan adanya insiden penyerangan dan pembakaran di Pegunungan Bintang  seluruh nakes yang berada di Distrik Yanirumah memutuskan untuk kembali ke Boven Digoel. Penarikan nakes itu, dikarenakan keselamatan mereka terncam.

“ Apalagi kemunculan orang yang bukan warga Distrik Yaniruma berobat ke puskesmas Yaniruma. Sebagai langkah antisipasi, maka para nakes kita diminta keluar dari Distrik Yaniruma untuk sementara waktu. Apalagi  hingga kini tidak ada kehadiran personil TNI dan Polri, sehingga tidak ada jaminan keamanan. Sementara akses transportasi ke Distrik Yaniruma sangat sulit dijangkau, hanya bisa ditempuh menggunakan transportasi udara dan transportasi sungai,” kata Syahib saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/9).

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan, penarikan tenaga Kesehatan yang dilakukan bukan saja di Distrik Yanirumah melainkan Distri Firiwage juga tenaga medisnya ditarik kembali ke Kabupaten Boven Digoel, karena keselamatan tidak terjamin. Apalagi mereka yang bertugas di Distrik pedalaman merupakan tenaga Nusantara Sehat yang mayoritas perempuan. “Saya sampaikan juga kepada kepala-kepala Puskesmas yang berbatasan langsung dengan pegunungan Bintang maupun negara tetangga untuk selalu melihat situasi dan kondisi keamanan, jika tidak menjamin keselamatan alangkah bagusnya menyelamatkan diri. Sementara untuk Distrik Yaniruma dan Firiwage saat ini pelayanan kesehatan dihentikan sementara,” pungkasnya. [VER-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *