25 Oktober 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

LMA Gelar Upacara Adat untuk Kelancaran PON

Upacara Adat Sambut PON Papua oleh LMA Merauke. Foto: PSP/WEND

Merauke, PSP – Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Merauke menggelar upacara adat guna memohon kelancaran kegiatan PON XX Papua di klaster Merauke. “Ritual ini sudah dari leluhur kami yang sudah kami pertahankan sampai hari ini. Ritual ada dua, untuk kami meremikan satu tempat seperti pelepasan tanah adat, dan juga sebelum melakukan satu acara atau pesta. Ritual kali ini terhadap suksesnya PON di Papua,” kata Wakil Ketua LMA Merauke, Johan Mahuze, usai upacara adat di Kompleks Gor Hiad Sai Merauke, Kamis (23/9/2021).

Melalui kegiatan ini juga, ia berharap semua atlet dan seluruh yang terlibat dalam PON diberi kesehatan dan kelancara. Sehingga kembali ke darah masing-masing dalam keadaan sehat.

“Kami menyatakan untuk menolak image dan stigma kepada kami di Papua bahwa Papua kacau, Papua begini dan begitu, hari ini kami nyatakan bahwa sebenarnya Papua aman,” tambahnya.

Selain itu, ketua kontingen DKI Jakarnta Gede Sardjana mengaku bahagia dengan rutual sakral masyarakat Papua yang ia lihat secara langsung. “Ini pertama kalinya saya lihat langsung, dan saya sangat kagum. Saya lihat sangat damai, kekeluargaannya sangat erat,” terangnya kemarin. [WEND-NAL]

error: Content is protected !!