17 April 2024

LMA Gelar Upacara Adat untuk Kelancaran PON

0

Upacara Adat Sambut PON Papua oleh LMA Merauke. Foto: PSP/WEND

Merauke, PSP – Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Merauke menggelar upacara adat guna memohon kelancaran kegiatan PON XX Papua di klaster Merauke. “Ritual ini sudah dari leluhur kami yang sudah kami pertahankan sampai hari ini. Ritual ada dua, untuk kami meremikan satu tempat seperti pelepasan tanah adat, dan juga sebelum melakukan satu acara atau pesta. Ritual kali ini terhadap suksesnya PON di Papua,” kata Wakil Ketua LMA Merauke, Johan Mahuze, usai upacara adat di Kompleks Gor Hiad Sai Merauke, Kamis (23/9/2021).

  • Advertisements

Melalui kegiatan ini juga, ia berharap semua atlet dan seluruh yang terlibat dalam PON diberi kesehatan dan kelancara. Sehingga kembali ke darah masing-masing dalam keadaan sehat.

Advertisements
Advertisements

“Kami menyatakan untuk menolak image dan stigma kepada kami di Papua bahwa Papua kacau, Papua begini dan begitu, hari ini kami nyatakan bahwa sebenarnya Papua aman,” tambahnya.

Selain itu, ketua kontingen DKI Jakarnta Gede Sardjana mengaku bahagia dengan rutual sakral masyarakat Papua yang ia lihat secara langsung. “Ini pertama kalinya saya lihat langsung, dan saya sangat kagum. Saya lihat sangat damai, kekeluargaannya sangat erat,” terangnya kemarin. [WEND-NAL]

Advertisements
Advertisements
Advertisements

Advertisements

Advertisements
Advertisements
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *