8 Desember 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Pelimpahan Tersangka dan BB Kasus Narkoba secara Virtual

Penyerahan tersangka kasus kepemilikan narkotika jenis Ganja inisial MCT. Foto: PSP/JON

Merauke, PSP – Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum melalui Kasat Resnarkoba Polres Merauke AKP Najamuddin, MH didampingi Penyidiknya Aiptu Suwarno, SHI dan Briptu Agung menyerahkan tersangka dan barang bukti kasus Narkoba secara virtual, bertempat di ruang Resnarkoba Polres Merauke, Senin, (6/9).

Tepatnya pada pukul 10.00 Wit telah dilaksanakan Penyerahan Tersangka dan Barang Bukti Penyalahgunaan Narkotika yang dilakukan oleh tersangka dengan inisial MCT alias M,  secara virtual mengingat masih dalam pandemi Covid-19.

Dikatakan berdasarkan surat Kepala Kejaksaan Negeri Merauke Nomor : B –  741/ R.1.15 / Enz.1 / 07 / 2021, tanggal 27 Juli 2021, tentang Pemberitahuan Hasil Penyidikan Perkara tersangka MCT alias M sudah lengkap (P-21), sehingga telah dilakukan penyerahan tersangka dan Barang bukti oleh Penyidik Sat Resnarkoba kepada JPU yang diterima oleh JPU Ajun Jaksa Madya Kasmawati, S.H.

Dikatakan Kasat Resnarkoba bahwa pelaku inisial MCT alias M sebelumnya ditangkap Sat Resnarkoba Polres Merauke pada 7 Juni 2021 lalu. Dimana pada saat penangkapan pelaku tengah melakukan transaksi bara haram tersebut.

“ Pada hari senin tanggal 7 Juni 2021 sekitar Jam 14.00 Wit unit Opsnal mendapatkan informasi bahwa akan ada transaksi jual beli Narkotika Jenis Ganja di Jalan Kudamati Cikombong Kelurahan Kamundu Kabupaten Merauke, kemudian pada pukul 15.30 Wit ada 2 ( dua ) orang laki laki dengan menggunakan celana pendek sedang berdiri dan mencurigakan di Jalan Kudamati Cikombong Merauke lalu dilakukan penggeledahan dan menemukan dari saku celana sebelah kanan tersangka Narkotika Jenis Ganja sebanyak 6 ( enam ) paket kecil dan 1 ( satu ) bungkus koran yang berisikan Narkotika Jenis Ganja serta pada saku belakang sebelah kiri ditemukan 1 ( satu ) plastik yang berisikan lempeng cengkeh dan kertas rokok cap bunga,” jelas Kasat Narkoba.

Atas kepemilikan barang haram tersebut, pelaku diganjar dengan Primer Pasal 114 Ayat ( 1 ) UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika Subsider Pasal 111 Ayat ( 1 ) UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 4 tahun hingga maksimal 12 tahun penjara.

Akhirnya dihimbau kepada warga Merauke bila mengetahui adanya peredaran Narkotika jenis apapun agar segera melaporkan kepada pihak Satuan Narkoba Polres Merauke.

“ Karena Narkoba merusak masa depan generasi penerus bangsa ini,” tandasnya.

[JON-NAL]

error: Content is protected !!