1 Mei 2024

Anton Bulukey Duduki Kursi Legislator Kabupaten Boven Digoel

0

Ketua DPRD Athanasius Koknak saat Lantik Anton Bulukey sebagai anggota DPRD di ruang Sidang DPRD Kabupaten Boven Digoel

Tanah Merah, PSP – Kekosongan satu kursi legislator jatah Partai PDI Perjuangan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Boven Digoel akhirnya terisi. Kekosongan kursi tersebut, karena Ishak Bangri mengundurkan diri untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten Boven Digoel.

Kursi kosong yang ditinggalkan oleh Ishak Bangiri, telah diisi oleh Anton Bulukey. Peresmian pengangkatan Anton Bulukey dilakukan dalam sidang paripurna DPRD Kabupaten Boven Digoel dengan agenda tunggal  peresmian pengangkatan dan pengucapan sumpah jabatan anggota DPRD  Kabupaten Boven Digoel Pengganti Antar Waktu (PAW) periode tahun 2019-2024.

Ketua DPRD Kabupaten Boven Digoel Athanasius Koknak menyampaikan paripurna PAW  diselenggarakan, sesuai dengan surat Keputusan Gubernur Papua dan rapat Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Boven Digoel. Dimana Anton Bulukey menggantikan Ishak Bangri yang telah mengundurkan diri dari anggota DPRD kabupaten Boven Digoel terkait persyaratan pencalonan Bupati dan Wakil bupati Boven digoel periode 2020-2024.

Dikatakan Athanasius Koknak momen pelantikan ini merupakan momen penting yang ditunggu-tunggu, mengingat PAW bagi DPRD merupakan proses politik yang harus dilakukan sebagai upaya memenuhi kelengkapan keanggotaan DPRD Kabupaten Boven digoel, dan atas dilantiknya saudara Anton.

Selaku pimpinan dan seluruh anggota DPRD kabupaten Boven Digoel mengucapkan selamat atas pelantikan Anton Bulukey sebagai anggota DPRD Kabupaten Boven Digoel masa jabatan 2021-2024 dan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada saudara Isak Bangri atas kerja keras dan pengabdian yang telah diberikan selama menjadi mitra kerja pemerintah.

Athanasius Koknak berharap Anton dapat melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi sebagai wakil rakyat, serta dapat bekerjasama dan saling mengisi untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat agar dapat menjadi penyalur aspirasi dan kepentingan masyarakat serta menciptakan hubungan yang harmonis dalam lembaga DPRD dan pemerintah sebagai mitra kerja masyarakat di Kabupaten Boven Digoel dan  menyesuaikan diri sebagai anggota DPRD. “Selaku wakil rakyat kita telah diamanatkan dalam undang-undang agar dapat menyelesaikan program dan agenda kerja, sehingga harapan masyarakat dapat tercapai,” ucap Ketua DPRD.

Sementara itu, Kabag Hukum Setda Boven Digoel Wahyudiana saat membacakan sambutan Pjs Bupati Boven Digoel Yimin Weya mengatakan peresmian pelantikan Anggota DPRD PAW ini, mengacu pada ketentuan pasal 367 ayat 2 Undang-Undang nomor 17 tahun 2014 tentang DPRD sebagaimana yang telah diubah dengan Undang-Undang nomor 42 tahun 2014.

Dimana , lanjut Wahyudiana, pasal tersebut menyatakan bahwa keanggotaan DPRD kabupaten atau kota diresmikan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Sehingga pada kesempatan ini, telah dilakukan PAW Anggota DPRD dari PDI Perjuangan  atas nama Anton Bulukey dengan PAW yang diselenggarakan DPRD.

“Semoga DPRD, semakin solid dan  hubungan kerjasama yang baik selama ini perlu dapat di pertahankan , bila perlu ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat Boven Digoel yang kita cintai,” tutur Wahyudiana.

Dikatakannya  dalam perjalanan politik pada pemilihan kepala daerah kabupaten Boven Digoel hingga saat ini, masih terus berlangsung, ada anggota DPRD yang ikut dalam perhelatan Politik sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati ,sehingga perlu dilakukannya PAW. Terkait  penggantiannya tentu, sambung dia, menjadi kewenangan dari partai politik terhadap siapa yang akan diusulkan sebagai pengganti dengan mempertimbangkan perolehan suara terbanyak dari partai politik tersebut, sehingga akhirnya hari ini lengkaplah sudah  menjadi 20 anggota DPRD Kabupaten Boven Digoel.

“Kita ketahui bersama bahwa pada saat ini dunia termasuk Indonesia dan khususnya Boven Digoel dalam masa Pandemi Covid-19, Boven Digoel sempat mencapai angka ratusan, namun saat ini sudah ada penurunan terhadap angka Covid,  semua ini berkat kerja sama yang baik dari seluruh elemen, walaupun sudah di angka penurunan kita harus selalu waspada dengan menerapkan Lima M,”pungkasnya. [VER-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *