27 Juli 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Mesin Oksigen Milik RSUD Tak Memadai

RSUD Merauke

Merauke, PSP – Mesin penghasil oksigen milik RSUD Merauke tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan pasien COVID-19. Untuk mengatasinya, RSUD  kerja sama dengan pihak ketiga guna memenuhi kebutuhannya.

Direktur RSUD Merauke, dr. Yenny Mahuze mengatakan  setidaknya mesin milikinya hanya mampu memproduksi tidak sampai puluhan tabung setiap harinya. Sementara saat ini, setiap harinya membutuhkan puluhan tabung.

“Kita kan sudah punya mesin sendiri, cuma sekarang kebutuhan meningkat, satu hari kita sekitar 50 yang kita butuhkan. Tapi yang kalau mesin sebelumnya yang kita pakai mensuport oksigen sentral. Dan sutuk tabung, kita cuma bisa tidak sampai 10 per hari. Jadi kita minta pihak ketiga, beberapa hari kemarin kita minta 100 dia stok,” sebutnya di Kantor Setda Merauke, Senin (19/7/2021).

dr. Yenny M. Mahuze

Untuk itu, ia berharap, kasus penderita COVID-19 terus bisa ditekan, sehingga persoalan kekurangan tabung tidak terjadi. “Karena pihak ketiga ini kan bukan ke rumah sakit kita saja. Suplainya kan kebeberapa rumah sakit, ke Puskesmas juga. Tapi mudah-mudahan aman terus,” tambhanya.

Sementara itu, akibat banyaknya nakes yang terpapar COVID-19, serta guna menfokuskan penangganannya, Yenny mengatakan bahwa pihaknya menutup sementara seluruh pelayanan umum selama satu pekan. 

“Pelayanan umum kita tutup dulu satu minggu. Semua, karena sudah banyak yang kena covid-19. Jadi kita tutup, supaya kita periksa semua dulu,” tambahnya.

Adapun jumlah nakes yang terpapar covid-19 stidaknya hanya 10 persen dari total nakes yang ada di RSUD.  “Nakes ada 700 an, kalau 89 yang positif, berarti sekitar hampir 10 persen,” pungkasnya. [WEND-NAL]