27 Juli 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

90 Nakes di RSUD Merauke Terpapar COVID-19

RSUD Merauke

Merauke, PSP – Bila ditanya, siapa yang paling beresiko untuk terpapar COVID-19, jawabannya sudah bisa diterka. Siapa lagi kalau bukan Tenaga kesehatan (Nakes).

Mereka setiap detik berjibaku mengobati pasien yang terpapar COVID-19. Ketua TIM Penangganan Covid-19, RSUD Merauke, dr. Paul Kalalo M.Biomed, menyebutkan bahwa dari data terakhir menunjukan setidaknya puluhan nakes telah terpapar covid-19.

“Data terakhir yang kami berikan ke  Bupati, ada 90 nakes positif COVID-19.  Itu masih ada 2 data terakhir yang saya belum update. Kita masih panding, karena kemarin kita ada keterbatasan PCR, jadi kita belum sempat periksa lagi,” sebutnya, malalui sambungan telepon, Minggu (18/7/2021).

Untuk mengakomodir penangangganan pasien, Paul mengaku pihaknya menutup semua pelayanan umum, kemudian seluruh nakes yang ada, dialihkan untuk menanggani pasien COVID-19.

“Sejauh ini kami menerapkan kebijakan hampir sama dengan tahun lalu, karena terjadi peningkatan COVID, makanya kami menutup beberapa kegiatan non covid, seperti poliklinik rawat jalan Sabtu Minggu, sama instalasi rawat inap non covid-19,” tambahnya.

Sementara hingga saat ini, Paul menyebutkan setidaknya ada puluhan pasien COVID-19 yang dirawat di RSUD dengan kondisi, sedang dan berat. “Sejauh ini, diangga 55 ini kami bisa mengcover, dan diharapkan dalam waktu satu minggu kedepan, covid-19 bisa turun pelan-pelan,” sebutnya. Adapun maksimal total pasien covid-19 yang mampu dirawat di RSUD, apabila ada kemungkinan ledakan jumlah pasien, maksimal tidak sampai ratusan. “Sekitar 65 sampai 70, tapi permasalahannya kita kekurangan tenaga, kalau kita sampai maksimal begitu, tidak ada petugas. Kalau menurut permenkes kan, sekarang nakes harus diatur jadwalnya untuk bisa istirahat, kalau tidak kecapean,” pungkasnya. [WEND-NAL]