27 Juli 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

227 CPNS Merauke Ikuti Diklatsar

Pembukaan Dikalatsar CPNS Di lingkungan Pemda Merauke. Foto: PSP/WEND

Merauke, PSP – Sebanyak 227 Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) formasi 2017 dan 2018 Pemerintah Daerah Merauke, mengikuti program pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar).  Kegiatan itu akan berlangsung selama selama 51 hari, masing-masing terpisah di Hotel Halogen, Coreinn, dan Itese.

Diklatsar bertujuan untuk memperkuat kompetensi pembentukan karakter pegawai negeri sipil yang profesional sesuai dengan tugas dan kemampuan. Menjunjung sikap bela Negara, mengaktualisasikan kedudukan ASN  dalam kerangka NKRI.

Ketua Panitia Diklatsar CASN, Salvi Laiyan menyebutkan jumlah peserta pendidikan dan pelatihan dasar calon pegawai negeri sipil masing-masing berdasarkan tahun formasi dan golongan.

“CPNS Formasi Umum tahun 2018, golongan II sebanyak 94 orang, dan golongan III sebanyak 179 orang. CPNS formasi umum tahun 2017, sebanyak 4 orang, yang terdiri dari golongan III 1 orang, Golongan II 3 orang. total sebanyak 277 orang,” sebutnya pada sambutanya dalam pembukaan Diklatsar, di Aula Setda Merauke, Senin (19/7/2021).

Salvi menambahkan bahwa nantinya peserta akan mengikuti kegiatan selama 51 hari yang terdiri dari tahap pertama selama 18 hari on kampus. Tahap kedua selama 30 hari off kampus, yaitu peserta dikembalikan ke dinasnya masing-masing untuk melaksanakan aktualisasi. Serta tahap ketiga selama 3 hari on kampus.

Sementara itu, Bupati Merauke, Romanus Mbaraka dalam kegiatan yang sama menegasakan bahwa peserta wajib disiplin mengikuit seluruh rangkaian kegiataan, dengan tanpa menginggalkan tempat pelatihan.

“Seluruh peserta harus on time mengikuti. Absennya online, lebih dari satu saja anda tidak muncul, anda dinyatakan tidak lulus. Jadi tidak ada alasan,” tegasnya.

Senada dengan bupati, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Papua, Emirin juga meminta seluruh peserta bisa mengikuti kegiatan dengan mentaati seluruh aturan dan petunjuk dari instruktur. Ia juga mengaku bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini. “Tahun 2021, kita di Provinsi Papua, ada 14 CASN yang harus diselesaikan. Kita bersyukur, karena kalau kita buka hari ini di Kabupaten Merauke, Berarti kita sudah buka kabupaten ke-8, 7 kabupaten sedang berjalan,” terangnya. [WEND-NAL]