27 Juli 2024

Penipuan Berkedok Beasiswa Muncul Kembali

0

Ilustrasi Penipuan

Merauke, PSP – Penipuan berkedok beasiswa untuk Program Indonesia Pintar (PIP) kini mulai muncul kembali. Hal tersebut juga dialami siswa SMAN 3 Merauke. Kepala SMAN 3 Merauke, Steven Rumere mengatakan, bahwa penipuan berkedok beasiswa PIP tersebut membawa nama Kepala Sekolah dan Guru untuk menyakinkan korbannya.

“ Entah dari mana saya kurang tau mereka melalui admin sekolah anak-anak mereka masuk dengan penipuan bahwa anak-anak yang mendapat beasiswa itu setor dulu kepada mereka tapi memakai atas namakan Kepala sekolah, guru-guru di SMA 3,” ucap kepala SMA 3, Steven Remere saat ditemui di ruangannya beberapa waktu lalu.

Steven menjelaskan, penipuan tersebut meminta sejumlah uang kepada calon korbannya dengan iming-iming jika beasiswa PIP keluar, uang yang tadinya diberikan akan dikembalikan kepada siswa tersebut.

“ Akhirnya anak-anak lain ada yang percaya, jadi mereka tranfer lagi Rp. 500.000 ada yang Rp. 300.000 ribu dengan alasan setelah ditranfer PIP-nya didapat, beasiswanya didapat nah uang itu dikembalkan. Yang kemarin datang melapor baru satu orang, itu anak tranfer Rp. 500.000,” jelasnya.

Mengantisipasi banyaknya korban penipuan tersebut, kepala SMAN 3 sudah memberikan edaran kepada orang tua siswa untuk tidak begitu saja mempercayai hal-hal seperti itu. “ Untungnya mereka cepat koordinasi dengan guru-guru maka kita ketahui bahwa itu penipuan dan kami sudah sebarkan ke orang tua dan anak-anak melalui WA Group supaya jangan menanggapi karena itu penipuan,” pungkasnya.[JON-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *