8 Desember 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Terapkan Prokes, Peserta Debat Publik Perdana Dibatasi

Theresia Mahuze, SH

Merauke, PSP –  Peserta yang bisa menghadiri Debat  Publik calon Bupati dan Wakil bupati Kabupaten Merauke tahun 2020, yang berlangsung di Swissbel Hotel, Jumat (30/10), jumlahnya dibatasi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Merauke, Theresia Mahuze,SH, mengemukakan setiap tahapan Pemilukada, sesuai dengan peraturan KPU, wajib menerapkan protokol kesehatan covid-19, hingga pada saat hari H (pencoblosan,red) nanti.  Untuk debat publik kali ini, yang bisa hadir hanya pasangan calon bersama empat orang tim suksesnya, perwakilan dari komisioner Bawaslu dua orang, komisioner KPU lima orang, panelis  empat orang dan moderator. Tema debat publik perdana ini ‘Terwujudnya tata kelola Pemerintahan Kabupaten Merauke yang baik dan bersih (good governance) guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pada masa pandemi covid -19’.

Dalam pelaksanaannya, semua berjalan dengan baik. Mengenai pertanyaan, sepenuhnya menjadi kewenangan dari panelis. KPU hanya memberikan tema, kemudian dipertajam dengan pertanyaan yang diajukan kepada paslon. “Panelis ini terdiri dari LSM, akademisi yakni dari Uncen, Unmus dan perempuan,” ujar Theresia, usai debat berlangsung. 

Saat membuka debat tersebut, Theresia menyampaikan melaksanakan tugas secara transparan, berintegritas dan adil untuk mewujudkan Pemilukada yang berkualitas pada 9 Desember 2020 nanti.  Debat merupakan tahapan pemilihan bertujuan untuk menyebarluaskan visi misi dan program kerja kepada masyarakat serta memberikan informasi kepada pemilih untuk menentukan pilihanya.

“Pasangan calon harus mempunyai komitmen dan dedikasi untuk masyarakat. Dalam debat ini, kami memberikan ruang seluas – luasnya untuk memaparkan visi misi dan program kerja,” terangnya.

Untuk debat publik sendiri, akan dilangsukan sebanyak tiga kali, dan semuanya berlangsung di Merauke. Debat publik kedua akan dilaksanakan  30 Nopember 2020 dan debat terakhir 4 Desember 2020. Debat yang dimulai pukul 19.00 Wit itu dihadiri paslon nomor urut 1, pasangan Hendrikus Mahuze-Edy Santosa (HERMES), pasangan nomor urut 2, Heribertus Silvinus Silubun – Bambang Setiadji (HEBAT-NAL) dan pasangan nomor 3, Romanus Mbraka-Riduwan (ROMARIN). [FHS-NAL]

error: Content is protected !!