19 Juni 2024

Negara Maju Terancam Resesi Ekonomi, Samel: Pemerintah Perlu Keluarkan Kebijakan Yang Amankan Ekonomi

0

Dr Samel Ririhena M.Si

Merauke, PSP – Dampak pandemi virus corona telah mengantarkan negara-negara maju pada gerbang kemerosotan pada sektor ekonomi (Resesi ekonomi), seperti Singapura, Jepang, Korea Selatan, dan jerman.

Berkenaan dengan itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Musamus Merauke, Dr. Samel W Ririhena, M.Si, menilai pemerintah pusat sampai daerah perlu mengambil kebijakan-kebijakan strategis dalam rangka pengautan ekonomi.

“Pemerintah perlu sekali mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang sedikit bisa mengamankan masalah perekonomian ditengah masyarakat,” kata Samel kepada Papua Selatan Pos, di ruang Kerjanya belum lama ini. 

Selain peran pemerintah, imbuh Samel, kelompok-kelompok masyarakat perlu turut berpartisipasi dalam penguatan sektor ekonomi. “Kelompok-kelopok masyarakat harus saling mempunyai kepedualain, dan diharapkan dapat berpartisipasi dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat. Semangat gotong royong yang selama ini diisukan perlu kembali dilakukan,” pungkasnya.

Pasalnya, jika langkah strategis tidak segera diambil oleh pemeritah, dalam skenario terburuk akan memicu permasalahan besar pada masayarakat lapisan bawah. “Artinya, kalau masyarakat lapar, pasti akan muncu masalah lain. Karena ketika orang lapar, dengan berbagai cara akan berusaha mempertahankan diri, baik negatif maupun negative,” sebutnya. [WEND-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *