21 Mei 2024

UP3 Merauke Rutin Lakukan Pemeliharaan Jaringan Listrik

0

Manager UP3 Merauke didampingi Manager Bagian Jaringan UP3 Merauke, Didik Krismanto dan Seno Ajin.Foto: PSP/CR22

Merauke, PSP – Untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Merauke, PT PLN (Persero) UP3 Merauke selalu melakukan pemeliharaan jaringan listrik secara rutin.

Manager UP3 Merauke, Didik Krismanto mengatakan UP3 Merauke secara rutin melakukan pemeliharaan jaringan listrik setiap 6 bulan sekali, dengan menyasar beberapa titik yang sekiranya perlu mengalami maintenence.

“ Kita melakukan perawatan rutin agar mengurangi potensi untuk terjadinya gangguan. Kemudian untuk perawatannya sendiri, kita lakukan minimal 6 bulan sekali,” kata Didik saat ditemui di kantornya, Rabu, (29/7).

Didik mengatakan, sebelum melakukan pemeliharaan, pihaknya terlebih dahulu menerjunkan tim inspeksi untuk mengecek titik mana yang menjadi prioritas utama dalam proses pemeliharaan nantinya.

“ Sebelum pemeliharaan, kita juga lakukan inspeksi. Kita cek dulu jaringan-jaringan yang rawan, setelah itu kita data, sehingga kita prioritaskan titik-titik yang rawan tadi,” ujarnya.

Didik juga menambahkan, setiap kali adanya pemeliharaan saluran listrik, pihaknya selalu menginformasikan sebelumnya melalui media sosial terkait jadwal wilayah yang akan dilakukan pemadaman sementara.

“ Setiap pemadaman kita juga informasikan lewat medsos, kita ada Facebook dan Istagram. Itu setiap kita ada pemeliharaan, kita informasikan dulu,” tambahnya.

Sementara itu, Manajer bagian jaringan UP3 Merauke, Seno Ajin mengatakan banyak kendala yang menghambat proses pemeliharaan di lapangan, salah satunya yaitu banyak masyarakat yang memiliki pohon tidak mengijinkan pohonnya untuk dipotong, meskipun pohon tersebut sudah menyentuh saluran listrik.

“ Mengenai pohon, kadang ada pohon yang sudah menyentuh jaringan tapi untuk kita eksekusi itu sangat sulit. Karena tidak semua orang menginzinkan untuk dipotong atau dipangkas, sehingga kita dilapangan juga tidak bisa melakukan pemeliharaan secara masksimal,” ujar Seno.

Selain itu, lanjut Seno, banyak juga ditemukan layang-layang yang nyangkut di saluran jaringan listrik yang mengakibatkan terjadinya gangguan.

“ Ada juga beberapa jaringan kita yang kena layangan yang mengakibatkan gangguan,” lanjutnya.

Untuk itu, UP3 Merauke menghimbau kepada masyarakat agar mendukung apa yang dilakukan oleh UP3 Merauke dalam menyalurkan listrik kepada masyarakat Merauke. “ Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak bermain layangan di dekat jaringan listrik. Kita jagalah kehandalan jaringan ini biar tidak mati-mati” pungkasnya.[CR22-NAL]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *